Rawat rambut Anda supaya tetap indah

perawatan rambut agar tetap indah

perawatan rambut agar tetap indah

TERASARTA – Kecantikan | Rambut merupakan mahkota wanita. Rambut yang panjang, sehat dan berkilau menjadi hal yang wajib agar tetap terjaga penampilannya. Banyak sekali produk treatment yang ditawarkan di beberapa salon, jenis shampo, masker rambut, spa rambut dan lain sebagainya.

Merawat rambut terkadang menjadikan Anda mengeluarkan uang lebih banyak dan berlebih namun hasilnya belum memuaskan.

Anda cukup melakukan hal-hal biasa dalam kehidupan sehari-hari saja untuk memperoleh rambut yang sehat, terjaga pertumbuhannya, jauh dari kusam dan lain-lain. Hal-hal apa saja yang bisa Anda lakukan untuk memperoleh rambut sehat juga terjaga pertumbuhannya.

Berikut langkah-langkah yang mungkin Anda bisa mencobanya :

Mencuci rambut dengan shampo

Mencuci rambut atau keramas secara rutin dengan shampo yang sesuai dengan jenis rambut Anda akan membuat kulit kepala sehat, bersih dan terjaga nutrisinya. Mencuci rambut tidak harus sehari sekali, tetapi pastikan kondisi rambut Anda tetap bersih supaya tidak gatal dan menimbulkan jerawat.

Mencuci rambut dengan air dingin

Mandi dan mencuci rambut menggunakan air hangat memang dapat memberi efek rileks pada tubuh dan otot, akan tetapi menggunakan air dingin ketika mencuci rambut akan jauh lebih baik karena air dingin suhunya lebih seimbang sehingga tidak membuat rambut menjadi kering.

Pandai memilih sisir rambut

Setelah Anda mencuci rambut sebaiknya jangan langsung di sisir. Mengeringkan rambut juga harus menggunakan gerakan pelan supaya tidak membuat rambut menjadi pecah dan bercabang. Menyisir rambut dengan sisir berbentuk sikat akan memperlancar peredaran darah pada kulit kepala. Pilih sikat sisir yang ujungnya bulat untuk menjaga folikel rambut, sekaligus memberi efek pijatan pada kulit kepala. Hal ini akan membantu pertumbuhan rambut menjadi lebih sehat.

Beri nutrisi untuk rambut

Nutrisi untuk rambut bisa diperoleh dari vitamin untuk rambut atau serum.  Anda perlu memberi minyak rambut supaya kelembaban rambut Anda terjaga. Untuk memperoleh rambut hitam, panjang, berkilau, subur, sehat dan panjang Anda cukup memberi minyak pada rambut. Tentu saja Anda harus teliti dalam memilih minyak rambut yang sesuai dengan jenis rambut Anda supaya tidak menyebabkan iritasi kulit rambut atau efek lainnya. Anda bisa memilih olive oil, coconut oil atau jojoba oil.

Gunakan payung atau penutup kepala

Melindungi rambut daru sinar UV A dan B sama seperti melindungi kulit wajah. Anda bisa menggunakan payung atau topi ketika beraktivitas lama di bawah terik sinar matahari supaya rambut Anda terlindungi.

Konsumsi sayur dan buah

Menjaga kecantikan rambut sama ketika menjaga kecantikan kulit. Perawatan juga dilakukan dari luar dan dalam. Sayuran hijau dan buah sekaligus menjaga diet seimbang Anda juga dapat berfungsi untuk menyuburkan rambut.

Hindari mengikat rambut

Cuaca yang panas, atau rasa risih dengan rambut panjang ketika beraktivitas memang terkadang membuat kita memilih untuk mengikatnya. Anda boleh mengikat rambut tetapi gunakan karet lembut dan nyaman sehingga tidak menyakiti rambut dan merusaknya. Anda bisa gunakan jepit rambut atau karet yang lembut untuk mengikatnya. Begitu juga saat Anda tidur, sesekali kepanglah rambut Anda supaya terhindar dari gesekan bantal sehingga rambut bebas dari kusam.

Tak harus mahal untuk memperoleh rambut panjang, sehat dan berkilau. Anda cukup melakukan perawatan sederhana sehari-hari.