Ponggol Setan

Ponggol Setan dengan sensasi pedasnya

Ponggol Setan dengan sensasi pedasnya

TERASWARTA – Wisata Kuliner | Kota Tegal yang terkenal sebagai kota bahari ini ternyata tak hanya terkenal dengan hasil tangkapan ikan. Ada teh poci dengan para pelayan yang cantik-cantik dan ramah  dan satu lagi wisata kuliner yang pantas anda coba yakni “pongset” atau ponggol setan.

Makanan yang cukup bersahabat ini bisa anda temukan di berbagai tempat di kota tegal seperti halnya di Jl. Sultan Agung atau timur Rumah Sakit Umum Kardinah. Nama yang unik tak ayal membawa rasa penasaran kami untuk turut mencicipi seperti apa rasa dari ponggol setan ini.

Suasana yang ramai di sepanjang jalan menuju ke jalan Sultan Agung dari kota brebes yang menjadi base camp kami juga memberikan pemandangan lain. Kota tegal malam hari dengan hiruk pikuk kendaraan-kendaraan besar khas lalu lalang lalu lintas Pantura yang membutuhkan ekstra kehati-hatian anda dalam berkendaraan.

Tak cukup lama perjalanan kami pun sampai pada sebuah warung sederhana yang terletak di pinggir jalan. Jelas sekali sebuah tulisan terbaca “Pongset” dengan menu yang menyusul di bawahnya seperti nasi ponggol biasa, nasi ponggol telur, nasi ponggol ayam dan lain lagi yang memang asing tentunya bagi kami yang datang dari kota Yogyakarta.

Setelah kami duduk dan memesan kami harus masih menunggu karena memang cukup ramai warung makan satu ini dengan antrian pembeli. Dan sampailah giliran kami mendapatkan apa yang kami pesan. Nasi ponggol telur dan nasi ponggol ayam. Sekilas makanan yang tersaji di depan kami mirip dengan gudeg yogya. Kami pun mulai mencicipi dan huaaahhhh….rasa pedas yang tajam menyerang lidah kami. Tidak mengherankan memang bila istilah ponggol setan ini menjadi nama unik makanan ini lantaran memang luar biasa rasa pedasnya. Rasa pedas yang tak urung membuat kami kesetanan mencari minum dan obat  rasa pedas. Bagi masyarakat jawa tengah seperti brebes, tegal sendiri tentu sudah sangat bersahabat dengan rasa pedas ini namun bagi kami ini memang luar biasa.

Beruntung ada tempe mendoan yang juga menemani sehingga rasa penasaran atas makanan inipun kami lanjutkan kembali sampai habis. “kapok lombok” mungkin istilah yang tepat karena rasanya kapok namun mulut enggan untuk menghentikan keinginan menyantap ponggol setan ini.

Cukup menarik bukan? Wahana wisata kuliner yang pantas anda coba apabila anda singgah di kota ini apabila anda melakukan perjalanan ke cirebon atau jakarta dengan menempuh jalur pantura, demikian sebaliknya. Rasakan sensasi pongset khas tegal ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.