Pentingnya protein untuk tubuh

pentingnya protein untuk tubuh (foto : matrastianshi)

pentingnya protein untuk tubuh (foto : matrastianshi)

TERASWARTA – Kesehatan | Menjaga kesehatan dengan menjaga pola makan serta memperhatikan asupan makanan sehari-hari adalah hal yang sehat. Asupan penting untuk tubuh ini seperti vitamin C, E, B, D dan masih banyak lagi nutrisi penting lainnya.

Nutrisi penting lain yang terkadang terabaikan adalah protein. Asupan nutrisi dari protein ini sangat penting untuk tubuh dan kesehatan. Protein berperan dalam pertumbuhan sel, memproduksi hormon, membantu berat badan supaya tetap seimbang, untuk menjaga daya tahan tubuh atau fungsi immune, mencukupi kebutuhan kalori tubuh.

Kekurangan protein bisa menimbulkan masalah tersendiri untuk kesehatan. Kekurangan protein ini memang tidak menyebabkan dampak secara langsung tetapi mempengaruhi pertumbuhan yang tidak maksimal, perubahan warna kulit, rambut rontok, kurang cairan, bermasalah dengan pencernaan. Maka tak heran ketika banyak ibu-ibu memberi asupan protein pada anak-anak setiap hari. Begitu juga bagi kita baik dewasa ataupun tua tetap membutuhkan protein untuk tetap menjaga kesehatan. Sumber protein ini dapat diperoleh dari ikan, telur, susu, produk kedelai dan sebagainya.

Pentingnaya asupan protein sehari-hari akan membantu Anda dalam menjaga kesehatan. Apa saja manfaatnya, mari kita simak :

Fungsi immune

Protein berfungsi untuk menjaga kekebalan tubuh. Sel darah putih terbuat dari protein. Fungsi sel darah putih ini berfungsi untuk menangkal radikal bebas seperti virus, bakteri dalam darah yang sangat berbahaya untuk kesehatan.

Produksi hormon

Protein merupakan bahan utama untuk memproduksi hormon penting dalam tubuh. Hormon di sini berfungsi seperti untuk hormon pertumbuhan, membantu mngedarkan hormon penting dalam tubuh, menunjang proses sekreasi.

Pembentukan otot

Protein bermanfaat penting untuk membentuk sel-sel dalam tubuh dan otot. Otot juga membutuhkan asupan penting agar tetap berkembang dari protein. Apabila otot terjaga asupannya maka tubuh akan bekerja baik dalam pembakaran lemak sehingga berat badan menjadi seimbang dan sehat.

Banyak cara untuk tetap menjaga kesehatan. Protein juga sangat penting untuk liver. Mengkonsumsi nutrisi penting dalam tubuh memang penting tetapi Anda juga harus tetap mengatur porsinya agar diperoleh asupan yang merata. Hidup sehat akan menjadikan kita bahagia karena bebas dari segala macam penyakit