Penghargaan Desa Wisata 2013, Oleh Menparekraf

Pertujukan seni tari tradisional dari desa Pentingsari

Pertujukan seni tari tradisional dari desa Pentingsari

TERASWARTA – Warta |  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu, menghadiri acara Penghargaan Desa Wisata 2013, yang bertempat di Desa Wisata Pentingsari, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta, (Sabtu, 23/11). Dalam acara ini juga di hadirkan berbagai wisata kesenian rakyat seperti tarian dan juga wisata kuliner khas yang disajikan dalam acara tersebut.

Penghargaan Desa Wisata tahun ini diikuti oleh 440 desa wisata, yang kemudian diseleksi menjadi 10 besar. Ir. Firmansyah Rahim MM, selaku direktur pengembangan desa wisata dalam sambutannya menjelaskan bahwa penghargaan ini sudah berjalan selama tiga tahun dan tahun 2013 diikuti oleh 440 desa. Rencananya tahun 2014 akan di tingkatkan lagi dengan target mencapai 581 desa di ambil dari berbagai provinsi di Indonesia. Untuk tahun 2013 ini  nominasi penghargaan sepuluh desa wisata terbaik adalah;

  1. Desa Wisata Pekraman Jasri, Karangasem, Gianyar, Bali (sebagai Juara I)
  2. Desa Wisata Nglanggeran, patuk, Gunung Kidul (sebagai juara II)
  3. Desa Wisata Samiran, Boyolali, Jawa Tengah (sebagai juara III)
  4. Desa Wisata Ile Padung, Lewolema, Flores Timur, NTT
  5. Desa Wisata Semen, Gandusari, Blitar
  6. Desa Wisata Sidokarto (jethak II), Godean, Sleman
  7. Desa Wisata Tanjung, Donoharjo, Ngaglik, Sleman
  8. Desa Wisata Tulung Rejo, Gandusari, Blitar
  9. Desa Wisata Batubulan, Sukawi, Gianyar, Bali
  10. Kelurahan Sondakan, Laweyan, Surakarta.

Dalam acara ini juga hadir Menparekraf Mari Elka Pangestu, dalam sambutannya akan mengupayakan pengoptimalan program PNPM pariwisata, dengan tujuan akan menyejahterakan masyarakat desa dan nantinya akan berdampak positif bagi masyarakat, selanjutnya pengembangan akan difokuskan kepada kesehatan sebagai fasilitatornya adalah pemda. Di tambahkan lagi bahwa untuk 20 desa wisata akan diadakan seminar dan penyuluhan pemandu wisata yang akan memaksimalkan potensi desa tersebut, selain itu juga Menparekraf mendorong peningkatan homestay serta memaksimalkan sumber daya manusia di desa tersebut.

Menparekraf befoto bersama dengan juara desa wisata 2013

Menparekraf befoto bersama dengan juara desa wisata 2013

Penghargaan desa wisata 2013 ini juga turut hadir Bupati Sleman, Sri Purnomo, perwakilan Dinas Pariwisata dari berbagai kabupaten di Yogyakarta, dan juga dihadiri oleh perwakilan dari berbagai desa wisata dan kandidat desa wisata tahun 2013.