Pasar Beringharjo Tempat Belanja dan Berwisata

Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo

TERASWARTA – Wisata | Hiruk pikuk mewarnai laju ekonomi dari sisi perdagangan dari sebuah pusat perbelanjaan sederhana di kota Yogyakarta. Sebuah bangunan pasar yang sampai saat ini menjadi icon bagi warga Yogyakarta selain di sisi lain tempat ini juga menjadi destinasi wisata bagi pelancong yang secara khusus datang ke yogyakarta khususnya Malioboro.

Pasar tradisional ini berdiri di antara bangunan-bangunan yang cukup familier seperti benteng Vredeberg, gedung Agung atau juga Taman Budaya Yogyakarta. Di kenal dengan beraneka macam dagangan hasil karya kreatif mulai dari batik sampai pernak-pernik. Sampai saat ini masih sangat padat pengunjung dalam setiap harinya untuk transaksi barang-barang yang umumnya adalah produk-produk garmen seperti baju, celana, kaos, dan banyak lagi lainnya.

Kegiatan jual beli di tempat ini sendiri sudah ada sejak tahun 1758 yang sampai dalam tahap perkembangannya dibangun menjadi sebuah bangunan permanen pada tahun 1925 dan di kenal sebagai pasar tradisional. Nama pasar ini adalah “Beringharjo” yang terletak di jalan Jend. A. Yani. Berdiri di deretan Kawasan Malioboro Yogyakarta. Tempat wisata dan belanja di salah satu wilayah Nusantara.

Produk jual beli pakaian dan kain ini menjadi salah satu ciri yang melekat erat meski sebenarya terdapat juga dagangan yang lain di tempat ini mulai dari sayur mayur, barang-barang rumah tangga sampai dengan hasil karya kreatif dari rotan dan anyaman seperti  kotak hantaran dan lainnya.

Pasar Beringharjo ini bisa menjadi pilihan anda saat akan berwisata sekaligus berbelanja. Harga yang jauh lebih murah bisa anda dapatkan di tempat ini di bandingkan dengan yang terpajang di etalase atau toko-toko lainnya. Memang tentu terkadang ada sedikit perbedaan dalam segi kualitas namun tentu jadi hal yang wajar dalam hal ini, dimana ada harga tentu ada rupa. Namun tentu juga jangan khawatir karena para pedagang bisa memberikan bagi anda solusi pilihan yang terbaik tentunya.

Banyak pengalaman yang mengatakan bahwa menggunakan bahasa jawa dalam bertransaksi akan memberikan harga yang lebih murah meski pada dasarnya hal ini tak sepenuhnya benar lantaran tentunya sang pedagang tahu logat anda yang sebenarnya, terlebih jika anda memang bukanlah yang fasih berbahasa jawa. Tawar saja dengan apa adanya secara wajar. Boleh dan sah-sah saja anda menawar dengan separuh harga yang diberikan oleh pedagangnya. Tergantung bentuk dan jenis dagangannya apa bisa anda lihat secara langsung. Trik lain yang bisa anda gunakan adalah menawar secara bersamaan dengan teman-teman anda atau tinggalkan saat tawaran anda di tolak, biasanya sang pedagang akan memanggil anda kembali jika memang harganya masuk dalam hitungan keuntungann bagi sang penjual.

Pasar tradisional Beringharjo yang memulai aktfitas dari jam sembilanan pagi sampai sore hari ini tetap akan memberikan nuansa tersendiri bagi anda yang senang berbelanja. Bagi anda yang datang dari luar kota bisa memilih tempat ini juga sebagai referensi dalam mencari tempat membeli cinderamata untuk dibawa pulang.