Menjaga Kesehatan Di Musim Penghujan

Musim penghujan (foto : Gilole)

Musim penghujan (foto : Gilole)

TERASWARTA – Kesehatan | Masa penghujan telah datang selama beberapa pekan ini dan alangkah baiknya bila kita menjaga tubuh kita lebih ekstra lagi lantaran tubuh kita juga akan bekerja lebih banyak juga dalam menanggulangi segala macam efek dari musim ini. Pilek, demam, sampai alergi kulit menjadi tantangan tersendiri.

Berikut adalah beberapa hal yang kiranya perlu anda persiapkan selama mas penghujan ini :

Sediakan peralatan hujan :

Maksudnya adalah kiranya anda harus sediakan selalu mantel pada jok kendaraan anda, payung di mobil anda serta payung di rumah anda. Hal ini untuk membantu anda dari guyuran air hujan yang bisa jadi merupakan sumber penyakit bila tubuh kita tidak dalam keadaan yang sungguh vit.

Membersihkan diri setelah kehujanan :

Apabila and kehujanan di jalan atau di luar rumah usahakan segera membersihkan diri dengan mandi air dingin atau bila perlu sediakan air hangat. Dengan kebersihan yang anda jaga maka kuman-kuman yang mungkin terbawa oleh air hujan yang kotor dapat teratasi.

Pakaian hangat :

Selalu siapkan juga pakaian hangat untuk tubuh anda terutama bagi anak-anak anda. Tak luput juga perlu ada tersedia selimut yang tebal. Banyak kejadian adanya serangan sindrom yang dapat menyebabkan kematian pada bayi akibat kedinginan. Pastikan gunkan kaos kaki, selimut dan juga sepatu saat berkegiatan di luar rumah bersama dengan bayi anda. Selalu usahakan menutup bagian dada bayi atau anak balita anda.

Mengkonsumsi makanan yang baik dan istirahat cukup :

 Masa penghujan juga adalah masa di mana seringkali muncul penyakit seperti pilek, demam atau yang biasa kita kenal dengan penyakit flu. Maka yang anda harus perhatikan adalah asupan gizi pada makanan anda serta tentu saja nutrisi yang cukup di tambah istirahat yang memadai untuk tubuh. Dan bila anda terkena penyakit flu maka usahakan anda membuang bekas “ingus” pada tisue pada tempat sampah dan jangan asal membuang agar mencegah penularan.

Tutup lubang atau wadah air :

Genangan pada tanah atau juga pada tempat-tempat berkumpulnya air perlu anda perhatikan bila perlu anda tutup. Hal ini agar tidak menjadi tempat berkembangnya nyamuk seperti nyamuk demam berdarah.

Jauhi pusat penyakit :

Apabila ada yang telah terjangkit penyakit flu dan lainnya usahakan agar sebisa mungkin menghindari kontak langsung yang memungkinkan anda turut terinfeksi.

Demikian yang kiranya perlu kita perhatikan selama masa penghujan ini agar resiko terserang penyakit bisa kita cegah sebelumnya. Semoga manfaat.