Mengetahui Umpan Dimakan Ikan

Tehink mengetahui tanda-tanda umpan disambar ikan (foto: Jagoan mancing)

Tehink mengetahui tanda-tanda umpan disambar ikan (foto: Jagoan mancing)

TERASWARTA – Mancing | Sahabat mancing teras, tentu bukan hal yang asing bagi anda para pemancing kawakan atau minimal telah terbiasa untuk mengetahui tanda-tanda umpan pada kail anda dimakan ikan atau tidak. Berikut adalah bagi anda yang ingin tahu apa saja sih tanda-tanda kail anda tersambar oleh ikan pada saat anda memancing :

Tanda Gerak pelampung :

Apabila anda memancing pada kolam atau sungai dan menggunakan pelampung maka tandanya adalah apabila pelampung anda bergerak-gerak berulangkali artinya umpan anda sedang di makan oleh ikan. Bagi anda yang baru mencoba hobi satu ini jangan buru-buru anda angkat melainkan tunggu sampai pelampung terbawa lari (menjauh) atau masuk ke air dan tarik dengan hentakkan. Hentakkan ini tak harus terlalu kuat karena bisa jadi justru mulut ikan robek sehingga lepas atau malah kena pemancing lain di sekitar anda.

Tanda  Gerak Senar :

Tehnik mengetahui umpan dimakan yang satu inii tentu mengabaikan adanya pelampung karena biasanya bagi yang memancing dasaran timbal menjadi pemberat yang berada jauh diujung senar yang membuat umpan tenggelam jauh di dasar. Maka lihatlah senar/kenur anda apabila ada gerakan menjauh-mendekat, bergetar kuat dan lemah berulangkali maka umpang anda telah terlahap oleh ikan. Hal lain adalah dengan mengencangnya senar/kenur. Apabila ikan yang memakan memiliki gerakan halus maka mendeteksinya adalah dengan menempatkan ujung jari anda pada senar dan rasakan getarannya.

Tanda Gerak Joran :

Kurang lebih sama dengan gerakan senar, apabila umpan anda di sambar maka joran anda akan bergetar atau tertarik. Pada ikan-ikan besar yang anda pancing bisa jadi joran bahkan akan terbawa lari. Maka disarankan anda mengikat juga joran anda apabila memancing di danau dalam, kapal atau saat memancing di karang curam.

Demikian sahabat mancing teras, cara-cara untuk mngetahui umpan anda di makan ikan atau tidak. Kasus lain apabila senar anda mengencang atau senar terbawa menjauh dengan gerakan halus rata dan tanpa getaran bisa jadi yang membawa adalah adanya sampah yang menyangkut pada senar atau mata kail meski awalnya ada gerak hentak pada senar. Semoga manfaat, selamat memancing di Nusantara yang kaya dengan hasil ikan asal jangan dengan cara salah seperti dengan meracun ikan.