Manfaat sayur terong bagi kesehatan

Manfaat Terong Bagi Kesehatan

Manfaat Terong Bagi Kesehatan

TERASWARTA – Kesehatan | Anda pasti bertanya-tanya mengenai judul di atas. Sayur terong adalah sayur yang umumnya dihindari khususnya laki-laki. Terong adalah jenis sayuran lonjong berwarna ungu. Kandungan penting bagi tubuh ternyata ada dalam jenis sayuran ini.

Kandungan penting bagi tubuh yang berasal dari terong antara lain kalsium, mineral, bioflavonoid, vitamin K juga kandungan gizi lain yang kaya akan serat.

Mengkonsumsi terong, saat ini bisa kita jumpai dalam berbagai variasi masakan. Banyak warung-warung menyediakan makanan dari terong tidak hanya disayur bumbu tumis biasa, tetapi banyak yang mengolah terong dengan cara digoreng dan dibuat sambal penyet, ada pula yang menggoreng terong saja kemudian disantap dengan sambal dan lalapan, dan beberapa varian lain yaitu digoreng tepung bumbu.

Harga sayur terong ini relatif sangat murah dan mudah sekali diperoleh di pasar tradisional atau supermarket. Sayur terong ini karena harganya yang relatif murah sekarang ini banyak juga yang gemar memesan di beberapa tempat makan dengan olahan yang berbeda tentu saja.

Sayur terong yang harganya relatif murah ini terkadang menjadi makanan yang tak dihargai, bahkan beberapa orang tak mau mengonsumsinya apalagi lelaki. Segala sesuatu kalau dikonsumsi berlebih tentu juga akan berdampak tidak baik. Tapi tahukah Anda bahwa banyak manfaat yang terkandung dalam sayur terong ini. Anda boleh mulai mempertimbangkan untuk mengkonsumsinya. Apa saja manfaat dari sayur terong ini adalah sebagai berikut :

Mencegah diabetes

Sayuran terong merupakan jenis sayuran yang kaya akan serat dan rendah karbohidrat larutnya sehingga sayuran terong baik untuk mencegah diabetes

Menjaga tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi bisa diturunkan dengan sayuran terong. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan bioflavonoid.

Sehat untuk jantung

Kadar kolesterol jahat dalam darah yang beresiko pada organ jantung dapat diturunkan dengan sayuran terong.

Sehat untuk otak

Nutrisi phyto yang terkandung dalam sayuran terong merupakan nutrisi yang penting untuk organ otak

Membantu pencernaan

Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan kaya serat dalam sayur terong sehingga dapat menjaga saluran pencernaan dan resiko kanker usus besar.

Mencegah anemia

Zat besi yang terdapat dalam sayuran terong akan membantu mencegah anemia atau kurang darah

Tulang sehat dan kuat

Kalsium yang terdapat di dalam sayur terong dapat memperkuat sendi dan tulang.

Banyak manfaat yang terkandung dalam berbagai macam sayuran salah satunya adalah terong. Anda memutuskan untuk hidup sehat mulailah mengkonsumsi makanan rumahan atau sayur terong atau memperbanyak sayuran hijau.  Kekreatifan Anda juga bisa dilihat ketika memasak terong. Hidup sehat merupakan idaman setiap insan dan mari kita mencintai kembali hasil dalam negeri khususnya pangan seperti terong ini.