Manfaat Gula Jawa Untuk Kesehatan

Manfaat Gula Jawa untuk Kesehatan

Manfaat Gula Jawa untuk Kesehatan

TERASWARTA – Kesehatan | Anda pernah mendengar gula aren atau gula jawa ? Atau biasa disebut sebagai gula merah. Gula jawa dimanfaatkan oleh ibu-ibu rumah tangga untuk memasak, menjadi bahan kue, dan masih banyak jenis makanan yang menggunakan gula jawa.

Gula jawa atau gula merah terbuat dari nira yang disadap pagi dan sore oleh penderes kemudian diolah. Gula merah ini bisa dijumpai di pasar-pasar tradisional juga pasar modern. Dibandingkan dengan gula pasir, gula merah akan terasa kurang manis apabila disamakan porsinya.

Gula jawa asli yang rasanya tidak terlalu manis ini merupakan pemanis alami yang sehat dan juga bermanfaat. Berikut beberapa manfaat gula jawa asli atau gula merah untuk kesehatan :

Mencegah anemia

Mengkonsumsi gula jawa asli atau gula merah dapat mencegah anemia. Kandungan zat besi yang baik dari gula jawa asli dapat mengurangi anemia khususnya pada saat menstruasi.

Mencegah timbulnya jerawat

Gula jawa asli bermanfaat untuk mencegah terjadinya peradangan kulit seperti jerawat dan munculnya komedo.

Menyembuhkan batuk dan demam

Ketika Anda sedang sakit batuk atau demam biasanya menghindari makanan manis dan asin. Gula jawa asli bersifat mendinginkan sehingga gula jawa asli ini boleh dikonsumsi walaupun sedang batuk dan demam. Gula jawa asli ini akan membantu mengencerkan dahak. Apabila Anda menemui air nira atau bahan dari gula jawa asli yang langsung diambil dari pohon di waktu pagi juga bisa Anda gunakan untuk mengobati batuk dengan meminum langsung satu gelas atau setengah gelas saja.

Mencegah terjadinya asma

Gula jawa asli mempuyai sifat anti alergi. Bagi penderita asma dianjurkan untuk mengkonsumsi gula jawa asli ini dapat membuat suhu tubuh menjadi netral sehingga asma tidak mudah kambuh atau muncul.

Meredakan rasa nyeri saat menstruasi

Pada saat menstruasi tentu saja Anda kaum wanita merasakan rasa sakit, nyeri dan mual. Mengkonsumsi kunyit asam yang diseduh dengan gula jawa asli atau gula merah maka nyeri perut dapat diredakan.

Membersihkan darah

Manisnya gula jawa asli adalah manis yang alami bukan manis buatan. Mengkonsumsi gula jawa asli dapat membantu membersihkan racun atau detok badi darah Anda.

Mengatasi masalah pencernaan

Selain detoks darah juga dapat menjadi detoks bagi pencernaan Anda. Anda bisa menggunakan gula jawa asli untuk pengganti gula pasir dalam teh, susu atau minuman yang biasa menggunakan gula pasir.

Meredakan masuk angin

Ketika masuk angin tidak ada salahnya Anda mencoba mengkonsumsi gula jawa asli. Rasa mual saat masuk angin bisa reda. Anda dapat mengkonsumsi gula jawa asli dipadukan dengan teh tawar hangat atau panas sehingga Anda menjadi berkeringat dan masuk anginpun bisa sembuh.

Begitu banyak manfaat dari gula jawa asli secara alami tanpa campuran bahan kimia. Harga gula jawa asli memang lebih mahal dibanding gula pasir. Anda bisa memilih gula jawa asli dengan mudah di beberapa sentra perbelanjaan. Sebaiknya Anda teliti ketika membeli gula jawa asli agar tak mendapati gula jawa yang sekarang ini banyak diberi campuran bahan lain oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.