Manfaat cantik dan sehat buah semangka

manfaat cantik dan sehat dari buah semangka

manfaat cantik dan sehat dari buah semangka

TERASWARTA – Kecantikan | Siapa tak mengenal buah semangka. Buah ini sangat familiar di Indonesia. Buah yang berbentuk bulat sebesar bola dan ada yang lebih besar. Bahasa latin dari buah semangka adalah citrullus vulgaris schard merupakan tanaman merambat, berwarna hijau bergaris putih, umumnya daging buahnya berwarna merah, berair, berbiji. Namun buah semangka sekarang ini sudah memiliki dua warna. Ada juga yang daging buahnya berwarna kuning serta semangka yang non biji. Buah semangka selain segar untuk dikonsumsi ternyata juga kaya akan manfaat.

Berikut manfaat buah semangka untuk kecantikan dan kesehatan :

Melembabkan kulit

Buah semangka merupakan buah yang mengandung banyak air. Air dibutuhkan tubuh untuk menjaga kelembaban kulit.

Mengurangi timbunan minyak dalam kulit

Vitamin A yang terkandung dalam buah semangka dapat mengurangi ukuran pori-pori kulit sehingga sekresi minyak berlebih dari kelenjar sebaceous dapat diminimalkan.

Revitalisasi kulit

Masker alami yang terbuat dari buah semangka dapat meremajakan kulit kusam Anda.

Mengobati jerawat

Menggunakan masker alami dari semangka, dengan pijatan-pijatan pelan dapat mengobati jerawat.

Mencegah penuaan dini

Buah semangka mengandung vitamin C, A dan kaya akan likopen. Nutrisi yang terkandung dalam buah semangka ini dapat menangkal radikal bebas yang menyebabkan garis-garis halus, bintik hitam pada kulit dan munculnya keriput. Kandungan nutrisi dalam buah semangka inilah yang mampu mencegah tanda-tanda penuaan dini.

Mencegah dehidrasi

Buah semangka kaya akan kandungan air. Buah ini mengandung elektrolit natrium serta kalium yang dapat mengganti cairan tubuh yang hilang.

Buah yang baik untuk diet

Anda sedang diet ? Tak ada salahnya Anda memasukkan daftar buah semangka ke dalam asupan untuk diet Anda. Buah semangka ini bebas lemak, kadar gula rendah, penuh kandungan air dan buah ini dapat menjadi makanan yang mengenyangkan.

Mengurangi hipertensi dan kolesterol

Kandungan air dan kalium dalam buah semangka dapat menetralisasi tekanan darah dan mengeluarkan kadar kolesterol dari tubuh.

Sehat untuk ginjal

Biji semangka mengandung minyak berarna kuning, vitamin B12, enzim urease, sitrulin, dan protein. Senyawa aktif dalam biji semangka dapat memacu kerja ginjal.

Melancarkan buang air kecil

Daging buah semangka rendah kalori, mengandung banyak air, protein, karbohidrat, serat, lemak, asam amino, vitamin A, B dan C, juga asam aminoasetat, asam malat, asam fosfat, dan banyak lagi nutrisi penting di dalamnya. Kandungan sitrulin dan arginin berperan penting dalam pembentukan urea di hati yang berasal dari amonia dan CO2 sehingga urin meningkat.

Banyaknya kandungan nutrisi penting dalam pada buah semangka selain rasanya yang segar juga sangat sehat untuk tubuh juga kecantikan kulit Anda. Tak hanya bermanfaat untuk wanita saja melainkan pria juga membutuhkannya. Tak harus mahal untuk menjaga kesehatan serta kecantikan kulit Anda. Buah yang mudah sekali kita dapat ini sebaiknya menjadi menu asupan yang sesekali wajib Anda konsumsi. Porsi yang baik pasti tidak akan memberi efek samping yang lebih. Semoga manfaat.