Manfaat Buah Petai Untuk Kesehatan

Manfaat petai bagi kesehatan

Manfaat petai bagi kesehatan

TERASWARTA – Kesehatan | Petai adalah pohon tropis tahunan dari suku polong-polongan. Biji petai ini berwarna hijau dan mempunyai bau khas yang terkadang dihindari oleh sebagian orang. Di Indonesia, buah petai atau biji petai merupakan menu kesukaan beberapa orang sebagai lalapan, sambal pedas, untuk membuat nasi goreng dan lain sebagainya.

Tak banyak memang yang menyukai biji petai, akan tetapi faktanya banyak sekali yang gemar mengkonsumsi biji petai ini. Manfaat  buah petai cukup banyak untuk kesehatan kita. Di balik petai dengan aroma yang kurang sedap ternyata biji petai sangat bermanfaat untuk tubuh kita. Petai mempunyai kandungan penting yang dibutuhkan oleh tubuh seperti karbohidrat, lemak, air, kalsium, vitamin A, B1, B2, C, fosfor, zat besi, nicaon dan masih banyak lagi.

Dalam biji petai terdapat gula alami yaitu sukrosa, fruktosa dan glukosa yang dipadupadankan dengan serat.

Terdapat beberapa  manfaat biji petai untuk kesehatan :

Mengobati anemia

Penderita anemia tentu membutuhkan tambahan zat besi sebagai energi. Kandungan zat besi pada biji petai mampu merangsang pembentukan sel darah merah.

Menurunkan tekanan darah tinggi

Kandungan Iasium dan pottasium dalam petai sangat baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Menghilangkan depresi

Asam amino esensial yang terkandung dalam biji petai dapat meningkatkan hormon serotonin untuk mengontrol suasana hati agar selalu baik.

Mengurangi nyeri pada saat haid

Kandungan vitamin B6 dalam biji petai dapat mengontrol gula dalam darah.

Menjaga pencernaan yang sehat

Kandungan serat dalam biji petai bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan sehingga usus akan bekerja dengan lebih baik.

Menambah selera makan

Anda susah makan atau malas makan? Anda bisa mencoba petai sebagai lalapan atau sambal. Mengkonsumsi biji petai baik mentah ataupun matang dapat menambah selera makan Anda.

Begitu banyak manfaat dari biji petai ini walaupun sebagian orang tak mau mengkonsumsi lantaran baunya yang menyengat. Mengkonsumsi petai dapat diolah dengan cara yang berbeda untuk menghindari bau menyengat sepeti dengan menggoreng terlebih dahulu, direbus, atau dimakan bersama dengan kulitnya sebagai lalapan. Tak ada salahnya mencoba biji petai sebagai pelengkap sajian atau lalapan. Mengkonsumsi makanan tentu dengan porsi yang wajar. Begitu pula saat Anda mengkonsumsi biji petai, selama masih dalam porsi yang benar atau sedang tentu tidak akan memberi efek yang berbahaya.