Manfaat Bayam Merah

Bayam Merah yang mengandung banyak Manfaat

Bayam Merah yang mengandung banyak Manfaat

TERASWARTA – Kesehatan | Manfaat yang terkandung dalam sayur bayam secara umum adalah untuk meningkatkan kerja ginjal dan melancarkan pencernaan. Bayam merupakan jenis sayur yang kaya akan serat yang bermanfaat untuk melancarkan buang air besar. Sayuran yang kaya akan serat biasanya direkomendasikan untuk penderita kanker usus besar, penderita diabetes melitus, kolesterol, darah tinggi dan bagi pasien yang mempunyai penurunan berat badan signifikan.

Tanaman bayam berasal dari Amerika tropik dan sayur bayam ini mudah tumbuh dimana saja. Bayam dahulu kala hanya dikenal sebagai tanaman hias, namun dalam perkembangannya bayam dikenal sebagai sumber protein.

Sayur bayam biasanya dikonsumsi dengan cara dibuat sayur bening oleh ibu ibu rumah tangga pada umumnya dan biasanya tersedia di beberapa warung makan. Bahkan sekarang ini bayam sudah dibuat menjadi jenis makanan olahan seperti keripik bayam, peyek bayam dan lain sebagainya.

Bayam yang biasa dikonsumsi sebagai sayuran adalah bayam cabut, bayam hijau biasa dan bayam merah.

Bayam merah memang kurang dikenal di masyarakat dibanding bayam hijau biasa dan bayam cabut hijau. Bayam merah banyak mengandung protein, lemak, karbohidrat, kalium, amarantin, rutin, purin, niasin, kalsium, mangan, fosfor, mineral  zat besi, vitamin A, B1, B2 dan C. Serat dalam bayam merah adalah karotein, klorofil dan saponion. Pada batang bayam merah terdapat alkaloid, flavonoid dan polifenol.

Bayam merah dari akar, batang hingga daun sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Akar bayam merah dapat Anda gunakan sebagai obat desentri. Caranya dengan mencuci 10 batang akar bayam merah kemudian tumbuk hingga halus, tambahlan garam, aduk rata dan saring. Air dari saringan inilah yang dimanfaatkan untuk obat desentri.

Sayur bayam merah sangat kaya akan manfaat. Tidak ada salahnya jika Anda mengkonsumsi bayam merah, dengan berbagai menu olahan. Bagi Anda yang hobby memasak untuk keluarga tak ada salahnya Anda mengganti bayam hijau dengan bayam merah untuk dimasak menjadi menu kebutuhan serat bagi keluarga Anda.