Kirab Budaya Brosot Kulon Progo

Acara Kirab Budaya Brosot

Acara Kirab Budaya Brosot

TERASWARTA – Warta | Penetapan desa Brosot sebagai desa budaya melalui SK Nomor 325/KPTS/1995 oleh Gubernur DIY menag bukan hal yang aneh bila melihat suasana Gelar Budaya dan Tradisi yang diadakan di Balai Budaya Brosot kemarin (3/11-2013).

Suana yang sangat ramai dan berjubel memenuhi hampir sepanjang jalan yang dilalui oleh arak-arakan kirab Budaya dan tradisi ini yang sebelumnya diawali dengan diadakannya pementasan beberapa pagelaran seni serta kreatifitas oleh masing-masing pedukuhan di desa ini seperti prosesi mitoni, kesenian rebana, prosesi wiwitan panen dan banyak lagi. Yang kemudian baru dilanjutkan dengan berkeliling desa.

Memang telah tersebar kabar adanya gelar Budaya dan tradisi ini yang membuat semakin banyaknya animo masyarakat dan penyuka fotografi yang bahkan datang dari berbagai daerah di luar desa Brosot ini maupun Kulon Progo.

Salah satu aksi peserta Kirab Budaya

Salah satu aksi peserta Kirab Budaya

Desa brosot ini sendiri berada di bagian tenggara dari kabupaten terbarat Daerah Istimewa Yogyakarta yang sebenarnya apabila dilihat secara histiris memang dulu kala merupakan wilayah yang menjadi pusat kota. Maka tidak mengherankan juga bila terdapat banyak kesenian dan Tradisi di desa Brosot, Kecamatan Galur, Kulon Progo ini.

Yuli Purwanto yang adalah kepala desa Brosot ini menyatakan bahwa gelar budaya yang diadakan ini sebagai salah satu cara menggali, membangkitkan sekaligus mempertahankan Kesenian tradisional.

Ada sepuluh pedukuhan yang ikut ambil bagian dalam acara ini dengan persembahan yang beraneka ragam. Sebuah acara yang selanjutnya akan digelar sebagai event tahunan dan pagelaran kirab budaya dan seni kemarin adalah acara yang kedua kali setelah acara yang pertama pernah diadakan pada tahun 2009.