Kelebihan zat besi dalam tubuh

Kelebihan Zat Besi (foto : health.detik)

Kelebihan Zat Besi (foto : health.detik)

TERASWARTA – Kesehatan | Mengkonsumsi sayuran memang mebuat kita lebih sehat dan segar. Namun ada hal penting dimana kandungan zat besi pada makanan yang kita konsumsi bisa menjadikan tubuh kita tidak sehat.

Zat besi memang sangat diperlukan bagi tubuh kita untuk membantu mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh melalui darah dari paru-paru kita. Kelebihan zat besi sebenarnya sudah biasa bagi kita karena pola makan yang tidak begitu memperhatikan porsi kesehatannya. Kelebihan zat besi bisa memberi efek kesehatan jangka panjang, namun gejala yang timbul tak terlihat. Kelebihan zat besi bisa kita ketahui melalui tes darah.

Terdapat beberapa pengaruh bagi tubuh kita apabila terjadi kelebihan zat besi, seperti :

Adanya gejala diabetes : Kelebihan zat besi bisa menyebabkan kerusakan pankreas. Hal ini terjadi karena zat besi yang berlebihan akan mengendap di pankreas, sehingga memicu produksi insulin yang berlebihan pula sehingga muncul gejala diabetes.

Muncul rasa khawatir : Kondisi emosional menjadi tidak stabil apabila tubuh mengalami kelebihan zat besi. Rasa khawatir ini tentu saja akan mengganggu konsentrasi aktivitas Anda. Hal ini terjadi adanya kelebihan zat besi yang mengganggu fungis organ normal dalam tubuh.

Impoten : Kelebihan zat besi bagi pria adalah terjadinya impoten. Hal ini disebabkan testikel yang menyusut dan terjadinya disfungsi ereksi.

Liver dan Jantung : Kelebihan zat besi juga bisa menyebabkan terjadinya liver dan mengganggu kerja otot jantung sehingga mengalami jantung yang tidak normal.

Nyeri sendi : Kelebihan zat besi juga terliha ketika beberapa sendi utama tubuh mengalami nyeri, adapula yang menjadi bengkak.

Konsumsi makanan dengan kandungan zat besi yang penting bagi tubuh tentu juga sangat dianjurkan. Hanya saja kita harus mengetahui jumlah zat besi yang terkandung. Menyeimbangkan menu makanan adalah solusi terbaik supaya hidup Anda juga sehat dan terhindar dari penyakit. Semoga manfaat.