Jogja Kota Berjuta Peristiwa

IMG_0026 (FG : Aloysius RA)

Lokasi : titik nol kilometer kota jogjakarta

TERASWARTA – Wisata Budaya | Berbicara tentang yang menarik di kota Yogyakarta tentu tak akan cukup satu lembar dua lembar bahkan ribuan lembar untuk menceritakan kisah-kisahnya.

Demikian titik nol kilometer Yogyakarta. Ada berjuta kisah yang masing-masing orang ukir di sana bersama rekan, sahabat, keluarga, pasangan atau bahkan hiruk pikuknya kegiatan berbau “demo” dan orasi yang hampir semuanya ingin mengakhiri aksinya di salah satu sudut kota yang terkenal dengan bangunan bersejarah Kantor Pos Besar atau Benteng Vredeburg ini.

Rasanya memang tak lengkap bila anda berkunjung ke Yogyakarta, menghabiskan waktu untuk berjalan-jalan di sepanjang keramaian  kota Gudeg. Berkeliling melihat keindahan Keraton Yogyakarta namun tak merasakan suasana titik nol kota Yogyakarta satu ini.

Tak sedikit yang membahas tentang titik satu ini mulai dari kisah berfoto bersama di depan Museum Sebelas Maret, berfoto bersama para seniman yang hadir di sini atau bahkan berkisah tentang bagaimana saat tanpa kegiatan dan kebingungan di  rumah atau kamar kost lantas menghabiskan waktu di titik nol kilometer ini bersama banyak orang.

Titik nol kilometer ini tak ada kata mati. Selalu ada saja yang berada di sana dari awal hari sampai bergantinya hari. Hiruk pikuk laju ekonomi mulai dari pedagang minuman hangat semacam kopi instan yang terkadang harus menghindar ke sana kemari berkejaran dengan para petugas ketertiban kota tak urung menjadi fenomena yang memiliki sejarah tersendiri.

Belajar banyak hal pun bisa kita dapakan dari sini. Tentang sebuah sejarah bila melihat ke ekiling di mana bangunan-bangunan peninggalan masa lalu ada. Tentang perjalanan dan bertahannya sebuah budaya yang luhur bila melihat ke arah selatan dengan berdirinya bangunan Keraton Yogyakarta. Melihat Agunnya ciptaan Tuhan bila melihat ke arah utara di mana menjulangnya sang merapi menjadi pemandangan pasti.

Bagaimana kisah anda tentang titik nol Yogyakarta? Sudahkan anda menorehkan kenangan di sana? Jangan ragu untuk melewatkan keramaian di sudut ini bersama jutaan kisah yang lain.