Jangan Abaikan Penyakit Batuk

Tips kesehatan - jenis batuk berbahaya (foto : dokita.co)

Tips kesehatan – jenis batuk berbahaya (foto : dokita.co)

TERASWARTA – Kesehatan | Musim hujan telah tiba dan pergantian musim serta perubahan cuaca yang tidak menentu saat ini membuat tubuh rentan terkena virus dari luar seperti flu dan batuk. Batuk ini tidak hanya terjadi pada orang dewasa. Anak kecil dari bayi sekalipun sangat rentan terkena virus ini. Batuk merupakan penyakit yang sering dialami oleh semua orang. Batuk terjadi karena adanya rangsangan tertentu seperti debu, air hujan, pemanis buatan dan masih banyak lagi. Batuk yang disebabkan oleh debu, misalnya debu di reseptor batuk dari hidung, pernafasan dan telinga. Reseptor mengalirkannya ke pusat batuk di otak melalui syaraf dan disinilah akan terbentuk sinyal-sinyal pada otot-otot tubuh untuk mengeluarkan benda asing sebagai virus dan akhirnya terjadilah batuk.

Batuk sering dianggap remeh oleh sebgian orang, sedang batuk memiliki virus berbahaya yang sebaiknya segera diobati. Batuk bisa menjadi gejala timbulnya suatu penyakit tertentu. Berikut jenis batuk yang harus segera ditangani :

Batuk disertai tenggorokan kering,pilek atau dahak yang berlebihan

Kondisi ini bisa disebabkan oleh alergi atau sinus. Sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan obat antibiotik.

Batuk disertai lendir dan suara serak

Batuk biasanya menyerang pada malam hari dan berasa sangat gatal sehingga tidak bisa tidur dengan nyenyak. Batuk yang disertai lendir dan cenderung terjadi malam hari, sebaiknya segera diperiksa oleh dokter untuk mendapatkan resep obat untuk mengontrol asma.

Batuk setelah minum obat

Konsultasikan ke dokter apabila Anda batuk setelah mengkonsumsi obat agar mendapat obat yang lebih cocok.

Batuk kering dan sesak nafas

Batuk kering kemungkinan disebabkan oleh penyakit paru-paru obstruktif kronis. Penyakit ini meliputi bronkitis kronis dan emfisema yang biasanya disebabkan oleh asap rokok. Segera diperiksakan ke dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Batuk disertai dengan munculnya sakit maag dan terjadi lebih dari dua kali seminggu

Kondisi ini biasanya terjadi karena sudah ada penyakit maag kronis. Produksi asam lambung yang tinggi membutuhkan obat tersendiri dan pemeriksaan lebih intensif akan lebih baik untuk mengetahui kerusakan pada tenggorokan.

Batuk yang tak kunjung sembuh disertai rasa lelah, nyeri di dada, darah, suara serak dan sesak nafas

Kondisi ini sangat berbahaya dan bisa terjadi adanya gejala kanker paru-paru. Segera bawa ke dokter dan beri penanganan intensif.

Menjaga kesehatan di musim penghujan seperti sekarang ini akan jauh lebih baik. Menerapkan pola hidup sehat dan menghindari merokok membuat paru-paru kita menjadi lebih sehat. Apabila Anda mengalami batuk dan tak kunjung sembuh segera menghubungi dokter dan berikan perawatan intensif supaya penyakit Anda segera tertangani dengan baik.Hindari makanan dan minuman yang menyebabkan batuk semakin parah.