Es Dung Dung

es dung dung

TERASWARTA – Resep Masakan | Es krim sekarang ini menjadi jajanan favorit bagi semua orang dan semua kalangan usia. Es krim yang biasanya kita dapat di supermarket atau restoran-restoran. Tetapi es krim yang biasa disebut es dung-dung sekarang mulai tertinggal dengan kepraktisan produk pabrikan. Membuat sendiri es dung-dung ini akan memberi pengalaman tersendiri dan rasa yang jauh lebih nikmat sesuai selera Anda. Caranya juga gampang hanya membutuhkan ketelitian saja. Berikut kami hadirkan bahan dan cara membuatnya :

Bahan :

1000 ml santan kental

150 gr gula pasir

1 sdm tepung maizena, larutkan dengan 3 sdm air

1 lbr daun pandan

250 gr kelapa muda, cincang halus

½ sdt garam

Cara membuat :

  • Masak santan, masukkan gula pasir, daun pandan dan garam hingga matang dan mendidih (aduk terus menerus supaya santan tidak pecah)
  • Masukkan larutan tepung maizena, aduk rata, angkat dan dinginkan
  • Sisihkan daun pandan, kemudian masukkan kelapa muda cincang
  • Masukkan ke mesin ice cream maker, kemudian proses sesuai petunjuk pemakaian alat.
  • Angkat dari mesin dan sajikan

Sahabat teras, membuat sendiri es krim tradisional seperti ini tentu akan lebih nikmat apabila dinikmati dengan pelengkap seperti coklat cookis, roti tawar potong, atau tape ketan. Apabila sahabat teras tidak memiliki mesin ice cream maker maka sahabat bisa menggunakan freezer. Setelah proses penambahan kelapa muda, sahabat bisa menyimpan es dung-dung ini ke dalam container dan dimasukkan freezer selama 5 jam dan es membeku. Kemudian haluskan dengan mixer kemudian simpan kembali di freezer sampai beku. Apabila tidak menggunakan mesin ice cream maker Anda harus mengulangi proses mixer kemudian menyimpan kembali hingga es dung-dung menjadi berbutir halus.