Cara Menaklukkan Ikan

Menaklukkan ikan

Menaklukkan ikan

TERASWARTA – Mancing | salah satu hal yang menjadi kunci pokok dalam memancing selain piranti atau alat seperti joran, senar, reel, umpan, pelampung, faktor alam, dan lainnya lagi ternyata ada satu hal yang sangat riskan juga untuk di ketahui dan dimiliki bagi anda yang suka memancing.

Satu hal yang sangat penting ini adalah cara menaklukkan ikan. Hal ini maksudnya adala seringnya kehilangan sebuah kesempatan mendapatkan ikan yang sebenarnya telah terkena mata kail namun lantas terlepas begitu saja oleh banyak sebab seperti senar putus, ikan terlepas kembali, atau bahkan mata kail yang membuka. Maka atas fenomena yang semacam ini berikut adalah ulasan tentang apa saja trik yang harus pemancing mengerti dalam mengalahkan ikan.

Sahabat memancing, pada saat ikan telah tertusuk mata kail sebenarnya yang terjadi adalah munculnya gerakan ikan yang tentu saja memberontak sekuat tenaganya untuk bisa lepas dari mata kail. Apabila bila hal ini terjadi dan kekuatan ikan melebihi kekuatan maksimal yang dimiliki senar/kenur maka yang terjadi adalah putusnya senar/kenur. Untuk mengatasi hal ini apabila anda menggunakan reel maka stel drag pada posisi yang tidak mati sehingga dapat mengikuti sejauh mana ikan akan menarik senar anda. Pastikan juga posisi joran anda berada dalam keadaan berlawanan dengan arah tarikan sang ikan.

Lakukan penarikan atau penggulungan senar/kenur pada saat ikan merubah arah larinya agar tidak terjadi juga kekeduran berlebihan yang bisa jadi juga menyebabkan ikan terlepas. Pada kasus khusus apabila ikan berubah arah secara mendadak maka hentakan gerakan in juga bisa mengakibatkan breaking strenght sehingga putus juga. Maka wajib juga untuk tidak panik sehingga dapat anda rasakan ke arah mana ikan ini akan berlari.

Tarik ulur kekautan senar dan gerakan ikan secara fleksibel juga terutama untuk ikan ukuran besar. Hal inilah yang lantas akan membuat lama kelamaan ikan menyerah karena semakin melemah tenagannya. Saat ikan mulai melemah jangan sia-siakn kesempatan ini. Tarik atau gulung senar dengan cepat dengan gerakan sampai sejajar dengan senar kemudian tarik joran kembali menggunakan ayunan lengan anda sampai tegak berlawanan, demikian sampai ikan semakin mendekat dan yakin untuk anda tangkap.

Pada kasus tertentu akan ada juga gerakan ikan yang secara mendadak sangat kuat apabila telah dekat dengan anda, maka yang terpenting jangan kunci drag anda sehingga saat ini terjadi biarkan ikan membawa lari senar anda semaunya lalu ulangi cara di atas sampai ikan dapat anda tangkap.

Mungkin ini hal yang wajar dan biasa anda lakukan namun semoga ini bermanfaat karena seringkali karena senangnya umpan kita di sambar lantas begitu saja kita ingin segera menangkap ikan di tangan kita.