Cara cerdas atasi stress

cara cerdas atasi stress (foto :gottmanblog)

cara cerdas atasi stress (foto :gottmanblog)

TERASWARTA – Kesehatan | Aktivitas yang padat dan membutuhkan pemikiran yang fokus terkadang membuat pikiran menjadi tegang dan stress. Stress merupakan kondisi dimana pikiran menjadi tidak stabil yang disebabkan adanya masalah tertentu atau tekanan yang membutuhkan solusi yang cepat. Dalam kehidupan sehari-hari banyak hal yang dapat memicu timbulnya stress seperti banyaknya pekerjaan, masalah yang sulit dihadapi, kondisi ekonomi yang belum stabil, dan masih banyak lagi.

Ada banyak cara untuk mengatasi stress dengan cara yang mudah dan sederhana antara lain :

Atur nafas

Ketika Anda menghadapi masalah dan membuat Anda stress cobalah duduk dengan tenang dan atur nafas teratur selama kurang lebih 5 menit. Ambil nafas panjang dan buang dengan pelan sehingga pikiran Anda akan lebih tenang dan nyaman.

Lakukan hal yang berbeda

Stress yang timbul biasanya akibat banyaknya masalah dan tekanan emosional. Anda bisa sedikit melakukan hal yang berbeda seperti bersih-bersih rumah, menata ruangan dengan model berbeda, nonton TV, nonton film di bioskop, memasak atau hal lainnya.

Pijat refleksi

Banyak tempat yang menawarkan jasa pijat refleksi. Anda bisa mencobanya ketika Anda stress. Tetapi datang ke jasa pijat refleksi tentu akan menambah pengeluaran Anda dan bisa jadi membuat Anda menjadi tambah stress. Anda bisa melakukannya sendiri dengan memijat telinga dengan menggunakan ibu jari dan telunjuk Anda. Titik refleksi di telinga mampu mengeluarkan endorfin atau hormon alami yang memberikan rasa nyaman sehingga pikiran Anda menjadi lebih rileks.

Mendengarkan musik

Anda dapat memilih lagu atau musik yang slow dan menenangkan pikiran. Anda bisa juga memilih musik klasik sehingga kenyamanan dan ketenangan pikiran dapat diperoleh.

Berpikir positif

Hal yang paling utama dilakukan di setiap aktivitas dan kondisi apapun adalah berpikir positif. Berpikir positif akan memudahkan kita dalam mencari solusi atas masalah yang terjadi.

Liburan

Anda bisa mengambil cuti atau meluangkan waktu pergi ke tempat wisata dan berlibur di sana. Aktivitas ini dapat memberi refresh pada otak Anda sehingga pikiran menjadi lebih tenang.

Memancing ikan

Meluangkan waktu 3 sampai 5 jam untuk memancing di kolam atau pemancingan bersama keluarga dapat memberi efek tenang di pikiran Anda. Anda bisa juga memancing di laut, tetapi waktu yang dibutuhkan akan jadi lebih lama.

Bercerita dengan teman

Cara ini baik tetapi Anda juga harus pintar agar tak terjadi masalah di depan. Boleh saja bercerita dengan teman tetapi ada hal-hal yang seharusnya Anda batasi. Hal ini tentu akan membuat pikiran Anda lebih lega.

Ada banyak cara untuk mengatasi stress yang dialami karena kesibukan dan aktivitas yang tinggi. Atasi stress Anda dengan cara yang baik sehingga emosi Anda tetap terkontrol.