Belanja Sayuran di Dataran Tinggi Kopeng

Jalan Kopeng

Melintas  pada jalanan bebas hambatan Salatiga yang terjal mulai naik dan begitu menanjak. Kiri kanan jalan sudah berjajar barisan pohon-pohon hijau yang asri. Lintasan yang membelah batas antara Gunung Merapi dan Merbabu. Sisi utara kedua gunung yang begitu terkenal itu memanjakan mata bagi para pecinta wisata alam.

Salatiga merupakan kota kecil di sekitar perbatasan dengan kabupaten Semarang Jawa Tengah. Melalui sisi barat daya Salatiga mempunyai jalur alternatif yaitu arah Magelang yang ditempuh melalui jalur datarang tinggi Kopeng. Sebuah dusun dibelakang gunung Merapi yang menawarkan kenyamanan mata dengan dimanjakan dengan pemandangan ngarai, sawah yang berbentuk terasering, dan hamparan ladang sayur yang kaya sekaligus tumpah ruah.

Pedagang Sayuran Kopeng

Indonesia patut bangga dengan memiliki Kopeng sebagai salah satu daerah penghasil sayuran yang begitu produktif. Sebagai bukti bahwa tanah Jawa merupakan tanah yang subur dan makmur. Bogor punya wisata alam yaitu Puncak, Kopeng pun tak kalah menarik untuk dikunjungi. Konstruksi jalan yang berkelok dan alam yang masih sejuk dan segar.

Selain obyek wisata alam, Kopeng juga menawarkan wisata belanja sayuran segar dan organik. Bahkan tidak hanya sayur namun bibit sayuran juga dijual dipinggir jalan seputar Kopeng. Sayuran segar dengan warna yang masih terlihat ranum seperti wortel, sawi, daun bawang, lobak, sawi, pisang, labu dan masih banyak lagi. Untuk bibit sayuran juga tersedia bibit sayuran seperti cabe, tomat, kemangi, terong dan lainnya. Satu bibit sayuran dalam plastik kantong kecil dijual dengan harga mulai Rp250 sangat terjangkau sekali untuk berbagai kalangan. [Elyandra Widharta]