Bahan Obat Sakit Batuk

Jahe - salah satu bahan obat batuk (foto : inagro.com)

Jahe – salah satu bahan obat batuk (foto : inagr0.Com)

TERASWARTA – Kesehatan | Di musim penghujan seperti sekarang penyakit yang sangat lazim di derita adalah penyakit flu, sakit kulit, demam dan juga batuk. Batuk ini adalah yang biasanya sangat sulit disembuhkan, bahkan banyak yang bilang bahwa penyakit satu ini tak akan hilang begitu saja sebelum penyakitnya sendiri yang pergi.

Apakah begitu? Tentu saja tidak melulu hal ini benar karena tentunya pengobatan akan lebih mempercepat  proses penyembuhan penyakit batuk ini. Penyakit batuk sendiri ada beberapa jenis seprti batuk berdahak, batuk asma, batuk bronchitis, batuk rejan atu juga batuk kering.

Mengenai alasan terjadinya batuk itu sendiri menurut beberapa sumber adalah akibat dari adanya benda asing seperti debu, alergi atau juga kuman yang masuk ke dalam tenggorokan tau bisa jadi pada batang tenggorokan yang lantas merangsang elaput lendir. Hal ini yang kemudian menimbulkan rasa gatal pada tenggorokan. Batuk adalah salah satu reaksi yang dilakukan oleh tubuh untuk mengeluarkan benda asing yang masuk  tersebut.

Ada beberapa cara untuk mengobati batuk-batuk ini yang bahannya  bisa dengan mudah kita dapatkan dari sekitar kita seperti jahe, daun kayu putih, kapulaga, cabai jawa, madu dan lain sebagainya. Pertanyaan sekarang adalah bagaimana memanfaatkan bahan-bahan tersebut sebagai obat berikut adalah caranya :

Bahan Jeruk nipis :

Bahan satu ini bisa digunakan sebagai bahan obat batuk dengan cara siapkan satu buah jeruk nipis yang kemudian di belah menjadi dua bagian. Setelah terbelah lalu balurkan pada belahan jeruk tersebut kapur sirih dan biarkan beberapa saat. Setelah hal ini bakarlah sisi luar atau kulit jeruk dan peras lalu campurkan hasil perasan air jeruk nipis dengan gula batu. Setelah semua tercampur kemudian gunakan ini untuk minuman.

Bahan Kapulaga :

Bahan satu ini yang dikenal dengan buahnya dapat juga anda jadikan sebagai bahan obat batuk dengan cara menyiapkan 5 buah kapulaga yang sebelumnya tentu telah anda cuci dan bersihkan lalu campurkan dengan dengan  satu gelas air bersih. Setelah hal ini kemudian rebuslah ini menjadi satu lalu tunggu sampai mendidih kemudian ambil air rebusan buah satu ini dan minum dalam keadaan masih hangat.

Bahan Jahe Merah :

Bahan jahe yang satu ini mungkin yang paling biasa anda temukan dan jadikan sebagai bahan obat batuk. Hal ini karena bahan yang satu ini memang dikenal sebagai salah satu rempah yang sangat berkhasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit. Untuk mengobati sakit batuk anda bisa menggunakan cara dengan mengunyah sedikit potongan dan menelan airnya atau bisa juga anda jadikan minuman hangat sebagai pereda sakit tenggorokan sekaligus pelega tenggorokan.

Demikian semoga manfaat.