Amankah Ibu Hamil Mengkonsumsi Makanan Pedas ?

Lombok bagi wanita hamil (foto : dwpbuenosaires)

Lombok bagi wanita hamil (foto : dwpbuenosaires)

TERASWARTA – Kesehatan | Makanan yang berasa pedas memang membuat selera makan kita bertambah, membuat tubuh kembali segar dan rasa kantukpun sirna oleh pedas. Bagi sebagian orang makanan pedas ini merupakan makanan favorit dan menggugah selera. Tetapi amankah makanan pedas ini di konsumsi oleh ibu yang sedang hamil? Apakah janin dalam kandungan sang ibu akan terganggu?

Makanan pedas dapat mempengaruhi morning sickness pada ibu yang sedang hamil. Rasa ini seperti rasa mual, ingin muntah dan sakit perut yang diakibatkan  oleh perubahan hormon. Maka tak heran bagi ibu hamil lebih disarankan makan makanan yang bergizi seimbang agar kondisi ibu dan janin dalam kandungan menerima nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh.

Makanan pedas merupakan makanan yang aman bila dikonsumsi oleh ibu hamil. Yang memang tidak disarankan adalah daging yang belum matang seperti ikan bakar, ayam bakar atau daging  yang setengah matang. Ikan laut memang menu makanan yang disarnkan untuk ibu hamil karena kandungan gizinya yang dibutuhkan oleh janin. Tetapi apabila memasaknya kurang matang atau setengah matang maka kandungan merkuri dapat membahayakan janin. Jadi apabila Anda Ibu hamil sebaiknya mengkonsumsi ikan dan daging yang sudah benar-benar matang.

Mengkonsumsi makanan pedas bagi ibu hamil memang aman. Tetapi perlu Anda pahami ketika Anda ibu hamil mengalami mulas, mual dan gangguan pencernaan lainnya.  Makanan pedas dapat menimbulkan refluks asam. Segelas susu dapat membantu meredakan mulas ketika Anda mengkonsumsi makanan pedas. Cara lain untuk mencegah sakit maag saat makan makanan pedas yaitu dengan madu.

Mengkonsumsi makanan pedas saat hamil tidak akan membahayakan janin dan ibu yang mengandung tetapi akan membantu janin menyerap kandungan zat dalam makanan meski pedas.

Ibu hamil memerlukan asupan makanan dengan gizi yang seimbang. Asupan makanan dan nutrisi sangat dibutuhkan oleh ibu yang mengandung juga janin yang ada dalam kandungan. Menyukai makanan pedas tentu saja susah untuk dihilangkan. Ketika Anda wanita yang sedang mengandung dan tetap mengkonsumsi makanan pedas, tetap jaga kondisi tubuh dan janin supaya tetap sehat dan apabila mengkonsumsi makanan pedas dan timbul mual dan muntah segeralah hubungi dokter kandungan Anda atau periksa ke dokter dan merubah pola makan dengan lebih baik.