Zat besi yang dibutuhkan tubuh dan fungsinya

Zat Besi dan Fungsinya

 

TERASWARTA  – Kesehatan | Dalam tubuh kita terdapat satu zat yang sangat penting yang berhubungan erat dengan ketersediaan darah dalam tubuh yang mutlak diperlukan. Zat ini kita kenal dengan nama zat besi. Zat besi ini sendiri berfungsi mengangkat adanya oksigen yang terdapat dalam paru-paru kita menuju ke jaringan lantas mengangkat elektron di dalam pembentukan sebuah energi. Masih belum selesai di sini saja, za besi untuk dapat mengangkut oksigen ini bergabung dengan protein untuk membentuk hemoglobin dalam sel darah merah serta myloglobin enzim yang berperan  dalam pembentukan energi dalam sel.

Adapun kebutuhan setiap manusia ini tergantung pada jenis kelamin dan juga umur seseorang. Maka jelas bahwa at besi ini mutlak diperlukan dalam hidup keseharian kita. Kebutuhan yang diperlukan dalam tubuh sesuai dengan artikel di wikipedia menyebutkan bahwa kecukupan zat besi yang dianjurkan menurut umur adalah sebagai berikut. Untuk anak  usia 2 sampai 6 tahun 4,7 mg/hari, usia 6 sampai 12 tahun 7,8 mg/hari, pada laki-laki 12 sampai 16 tahun 12,1 mg/hari, pada gadis 12 sampai 16  tahun 21,4 mg/hari, pada laki-laki dewasa 8,5 mg/hari, wanita dewasa usia subur 18,9 mg/hari, pada wanita menopouse 6,7 mg/hari, dan pada wanita menyusui 8,7 mg/hari.

Zat besi ini sendiri dapat kita peroleh melalui berbagai bahan makanan yang bisa kita dapat dengan mudah. Bahan-bahan itu diantaranya ada bayam, brokoli, sawi, hati ayam, dagng sapi atau juga serea. Dengna mengkonsumsi makanan atau sayuran ini kita terbantu dalam pemenuhan kebutuhan zat besi.

Selain pada fungsi seperti pembahasan pada alinea pertama artikel ini, zat besi juga sebagai salah satu bahan yang berguna dalam memperkuat otot dan tulang-tulang kita. Dan satu lagi zat besi yang kita dapat dari makanan-makanan yang kita konsumsi bisa menyembuhkan sariawan.

Demikian sedikit artikel tentang pentingnya zat besi, manfaat sekaligus kebutuhan yang dibutuhkan oleh tubuh kita dalam perharinya. Semoga manfaat.