Tips menyalurkan emosi

ilstrasi foto :blogammar.com

ilstrasi foto :blogammar.com

TERASWARTA – Kesehatan | Dalam setiap hubungan baik itu masa pacaran atau sudah menikah sekalipun akan ada perbedaan pendapat atau masalah yang memicu timbulnya amarah. Hal ini tentu biasa. Tetapi ada baiknya Anda mengelola emosi Anda ke hal-hal yang baik. Bagi wanita mengeluarkan amarah akan membuat lega di hati. Tetapi akan berbeda dengan laki-laki yang akan cenderung diam ketika ada masalah.

Meluapkan emosi dengan marah-marah akan membuat lega tetapi akan memicu hal tidak baik bagi kesehatan Anda. Sementara ketika memilih untuk diam tentu saja hati menjadi tertekan dan emosi tak tersalurkan.

Ada beberapa tips yang teraswarta akan bagikan supaya sahabat teras dapat menjadi pribadi yang tenang :

Mencari dan mendengarkan lagu

Mencari lagu dan mendengarkan lagu yang tepat untuk menggugah motivasi Anda adalah langkah yang baik. Anda bisa ikut menyanyikannya dengan semangat. Anda bisa memilih tempat karaoke bersama teman-teman Anda dan menyegarkan pikiran Anda, sehingga amarahpun segera berlalu.

Menulis

Meluapkan emosi bisa Anda lakukan dengan menulis pada sebuah kertas atau notes. Anda bisa mengungkapkan apa saja dalam surat itu dan berikan pada si dia yang telah membuatmu marah. Anda juga bisa mencurahkan emosi dalam tulisan namun hanya sebatas curahan hati dan ketika Anda membacanya lagi amarahpun sudah hilang. Ada berbagai media saat ini yang tersedia dengan sangat update, tetapi tidak disarankan menulis via email, sms atau chat. Hal ini nantinya akan berbeda tanggapan.

Pergi ke salon dan ganti gaya rambutmu

Mengungkapkan dengan amarah tak harus dengan hal yang negatif. Lakukan hal yang membuat Anda lebih cantik dan bergaya. Aura Anda akan terlihat lebih baik dan positif dengan ganti gaya rambut entah dengan potong rambut, warna rambut, membuat poni atau perawatan lain.

Bercerita dengan sahabat

Cara ini terkadang memberi dilema tersendiri. Sahabat Anda belum tentu memberi solusi yang baik atas masalah yang Anda alami. Tapi tak ada salahnya juga ketika kita ingin bercerita, tentunya dia adalah sahabat baik kamu yang tidak akan menimbulkan masalah baru di kemudian hari. Anda tak memerlukan solusi dari sahabat Anda, tetapi Anda hanya ingin didengarkan bukan untuk dinasehati.

Olahraga

Anda sedang emosi, tentu Anda punya cukup tenaga untuk berolahraga. Cara ini baik asal takarannya juga tidak berlebihan. Yang dibutuhkan adalah meluapkan emosi Anda dengan pola yang sehat.

Emosi atau amarah sering terjadi karena timbulnya masalah dalam hidup berdampingan baik itu pasangan atau pertemanan. Meluapkan emosi dengan cara yang sehat tentu saja akan menjadikan emosi Anda terkontrol dengan baik. Setidaknya Anda dapat meminimalisir hal-hal yang tidak baik untuk pelarian emosi Anda.