Siapkah menjadi developer handal di zaman serba canggih?

Developer

TERASWARTA – Opini | Berbicara teknologi saat ini sungguh sangat fantastis dan membuat semua pandangan tertuju ke sana. Data dan informasi dapat diperoleh dengan cepat dan mudah.

Bisnis berbasic online sudah menjamur dimana-mana. Bisnis online memang seharusnya memakai konsep yang serba online. Baik pemesanan barang, pembayaran, komplain, pilihan produk, dan pengirimannya. Tetapi yang terjadi di lapangan banyak pengusaha online yang hanya memanfaatkan online untuk pemesanan dan pembayaran saja dengan model yang biasa.

Bukan barang baru sekarang ini para pengusaha muda mempunyai kartu kredit, rekening paypal, memiliki layanan e-commerce, keypay dari beberapa bank utama dan lain sebagainya.

Namun apa yang terjadi di perbankan terkadang hanya berpihak bagi pemodal besar, dan bagi yang mempunyai modal kecil banyak yang tidak memperoleh fasilitas itu walaupun mempunyai rekening di bank.

Menjadi developer adalah menjadi seseorang yang mampu membangun dan menciptakan iklim bisnis baru dengan model bisnis yang berbeda.

Bisnis dengan konsep online memiliki peluang yang sangat besar. Baik dari bisnis programmer, bisnis web, atau toko online yang semuanya serba online.

Membuat bisnis online tentu saja harus memiliki kajian pasar terlebih dahulu, survey tehadap beberapa pelanggan yang nantinya data itu bisa digunakan untuk pengambilan keputusan mengenai arah dan teknis usaha online. Bagi mereka yang berbisnis barang online tentu saja tahapan yang dilakukan lebih banyak karena adanya pengiriman barang.

Terdapat beberapa resiko seperti resiko pasar, resiko individu dan resiko barang atau produk. Membuat jaringan itu juga sangat penting ketika memutuskan untuk berbisnis baik secara online maupun offline. Bisnis online harus membuat jaringan link yang kuat dan luas sehingga dapat mencapai target pemasaran yang sudah ditentukan.

Banyak hal yang dapat dilakukan untuk memperoleh ide atau inovasi produk antara lain produk yang dijual lain dari pada yang lain, nilai subyektif dari barang yang dijual, dan produk yang kita jual merupakan barang yang bersifat kolektif, opsional atau kebutuhan primer.

Membangun pasar dapat dimulai dari hal terkecil namun sangat bermanfaat yaitu menggunakan jejaring sosial seperti yang sekarang ini menjamur dimana-mana. Banyak hal positif yang bisa kita peroleh dari dunia online, tidak hanya memanfaatkan untuk mencari relasi tetapi juga menjadi lahan bisnis yang handal.

Memunculkan gagasan-gagasan positif dan terus belajar di jaringan online juga sangat bermanfaat menjadi solusi bisnis saat ini yang kian pesat persaingannya. Menciptakan iklim bisnis sendiri dan bekerjasama dengan mereka yang berada di bidangnya merupakan keputusan yang baik dalam mengolah tujuan bisnis yang lebih profitable.

Menjadi individu yang mampu menciptakan konsep bisnis baru dan pemasaran baru tentu menjadi kebanggan tersendiri dan harapannya tercipta developer-developer baru yang handal.