Selintas Soroako

Selintas Soroako

Selintas Soroako

TERASWARTA – Warta | Menikmati pagi hari di hutan taman tambang merupakan pengalaman baru yang bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif wisata alam. Sebut saja salah satu contoh hutan taman tambang yang berada di Soroako, Sulawesi Selatan. Sebelum menjelajahi hutan taman tambang, kenalan dulu yuk dengan Soroako.

Dimana sih Soroako? Kira-kira ada nggak di peta? Ohhh…tentu saja Soroako ada di peta dan terkenal hingga ke mancanegara. Pasalnya Soroako ini terkenal dengan tambang nickelnya. Nickel menjadi sumber pengharapan bagi penduduk Soroako. Bahkan bukan hanya penduduk Soroako saja yang berharap pada nickel ini, tetapi banyak orang dari seluruh pelosok Indonesia bahkan dari mancanegara berada di Soroako untuk bekerja di sektor pertambangan dan turunannya.

Soroako sendiri terletak di sebuah pegunungan dengan ketinggian ± 1388 kaki dpl dan termasuk dalam kabupaten Luwu Timur dengan penduduk asli Soroako adalah Suku Dongi. Soroako memiliki wisata kebanggaannya yaitu Danau Matano yang lebih dikenal oleh penduduk setempat sebagai Pantai Ide. Danau Matano ini merupakan salah satu dari 10 danau terdalam di dunia dengan kedalaman 590 m atau sekitar 1.940 feet dan dengan luas danau 8 km dan panjang 28 km.

Satwa dan Tumbuhan langka - Aroko

Satwa dan Tumbuhan langka – Saroaka

Soroako selain masih memiliki hutan-hutan perawan, perusahaan penggerak pertambangan setempat juga melaksanakan penanaman kembali hutan pasca penambangan yang lebih dikenal dengan sebutan nursery. Nursery ini merupakan usaha pembibitan tanaman endemic Soroako yang terus dikembangbiakan dan di tanam ulang pada lokasi bekas penambangan. Salah satu hutan buatan yang telah berhasil dikelola saat ini adalah Hutan Taman Tambang.

Melongok sejenak ke hutan taman tambang, yang di dalamnya terletak lokasi pembibitan, museum alat berat, serta kebun binatang yang memuat satwa endemic Soroako yang disebut dengan Anoa. Menikmati pagi yang sejuk di lokasi pembibitan akan terasa semakin dingin ketika petugas pembibitan mulai menyalakan kran air yang difungsikan untuk menyirami tanaman-tanaman yang masih berada di tempat-tempat pembibitan.

Bukan hanya menikmati keindahan alam Soroako yang bisa anda lakukan untuk menikmati hari libur anda, tetapi masih banyak hal lain yang bisa anda lakukan di sini seperti menikmati flying fox dan climbing. Dan kalau anda lagi beruntung, anda juga dapat bertemu dengan mobil-mobil pengangkut nickel yang besar rodanya saja bisa lebih besar dari rentangan tangan anda.

(Kiriman Janti Fitri )