Pemandian Muncul dengan keanehan sumber air menyatu dengan dasar Kolam

Pemandian Muncul (foto : semarangkab.go.id)

TERASWARTA – Wisata | Berada pada daerah yang cukup sejuk dengan pohon-pohon rindang disekitarnya tentu hal yang menyenangkan, tetapi ada sebuah tempat yang semakin menyenangkan apabila anda berkunjung ke sebuah tempat di daerah Salatiga.

Saya bahkan masih sangat ingat bagaimana setiap bulan sekali selalu ke tempat ini bahkan saat itu rela dengan berjalan kaki dari kota salatiga untuk berenang. Kolam renang atau pemandian Muncul tempat ini biasa disebut lantaran memang tempat ini berbentuk layaknya kolam renang hanya dengan keanehan tersendiri.

Tempat ini sendiri berada di desa Rawa Boni, Kecamatan banyubiru, Salatiga yang bisa anda tempuh dengan perjalanan yang jaraknya 9 Kilometer dari Kota Salatiga atau bila anda ingin mencapainya dari Ungaran anda harus menempuh jarak sekitar 25 Kilometer. Tetapi tentu jangan khawatir lantaran disepanjang perjalanan dari kota salatiga apabila anda masuk melalui jalan di sebelah jembatan tuntang anda akan disuguhi tentunya dengan pemandangan alam yang tak kalah menarik. Menyusuri jalan naik dan turun disisi sungai yang masih menjadi satu dengan area rawa pening.

Sesampainya di pemandian yang berukuran tak kurang dari 20×40 meter persegi ini anda akan disuguhi dengan pemandangan yang mungkin aneh lantaran tidak akan anda temukan alat-alat seperti halnya dikolam renang lainya seperti alat pompa air. Hal ini bisa terjadi karena sumber air pemandian yang bisa juga kita sebut kolam renang ini adalah muncul dari dasar kolam ini sendiri. Maka jangan heran pula bila ada ikan-ikan kecil yang ikut bersama anda berenang dikedalaman air kolam pemandian ini lantaran memang tak bisa tentunya bila dikeringkan seperti layaknya kolam renang lain. Aneh memang tapi inilah kenyataan yang bisa anda dapati dan nikmati kesegaran airnya.

Sumber air dari alam juga yang kemudian membuat air ini sangat bersih sehingga bahkan kedalaman atau dasar kolam bisa dilihat. Yang semakin menambah kesegaran anda bermain air atau berenang bersama keluarga tercinta.

Di sisi luar kolam renang anda bisa menikmati sajian kuliner juga dengan adanya warung-warung makan dengan menu khan ikan air tawar seperti wader goreng dan yang lainya. Menikmati makanan dan minuman setelah lelah berenang sambil merasakan kesejukan hawa pegunungan dan rindangnya pohon-pohon besar yang terdapat disekitar pemandian Muncul ini. Cukup menarik bukan? Wahana wisata bagi anda dan keluarga disekitar jawa tengah atau anda yang kebetulan melewati daerah banyubiru, Salatiga ini. (chip)