Menu sehat untuk mengendalikan diabetes

Foto : makanandiabetes.net

Foto : makanandiabetes.net

TERASWARTA – Kesehatan | Penyakit diabetes merupakan jenis penyakit yang berhubungan dengan kadar gula dalam darah. Gaya dan pola hidup serba instant sekarang memberikan kontribusi yang besar terhadap munculnya penyakit diabetes.

Terkadang bagi sebagian penderita diabetes merasa tersiksa karena harus membatasi konsumsi makanan jenis tertentu. Namun hal yang paling baik dilakukan adalah menjaga pola makan serta gaya hidup juga membiasakan diri mengkonsumsi makanan-makanan yang dapat mengendalikan bahkan mencegah timbulnya penyakit diabetes.

Makanan yang bermanfaat untuk mengendalikan dan mencegah diabetes umumnya mengandung indeks glikemik rendah serta nutrisi penting di dalamnya. Berikut jenis makanan yang dapat bermanfaat untuk mengendalikan dan mencegah penyakit diabetes :

Sayuran hijau

Jenis sayur seperti kol, selada, daun sawi, bayam merupakan makanan pembangkit energi tetapi kandungan kalori dan karbohidratnya rendah, maka jenis sayuran ini lebih disarankan.

Jeruk

Jenis buah ini baik untuk mencegah dan mengendalikan diabetes. Buah yang mengandung banyak vitamin C dan ada lagi seperti lemon, anggur atau jeruk limau yang mengandung insulin.

Yogurt

Yogurt yang dipilih adalah yang mempunyai kandungan rendah lemak. Hal ini baik dikonsumsi untuk memperlambat kenaikan kadar gula dalam darah.

Ikan

Mengkonsumsi ikan dengan kandungan lemak omega 3 dan protein rendah lemak membantu  meningkatkan kinerja insulin dalam tubuh sehingga menurunkan konsentrasi glukosa. Ikan yang bisa dipilih seperti salmon, nila, dan ikan kod.

Putih telur

Jenis makanan ini berguna untuk membentuk otot karena kandungan protein kualitas baik dan rendah karbohidrat.

Outmeal

Jenis makanan ini banyak dijual dan dipromosikan oleh media. Jenis ini baik karena terbuat dari gandum utuh yang kaya akan serat sehingga dapat memperlambat penyerapan  glukosa dari makanan.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti almond, kacang mete, atau kenari baik untuk mencegah diabetes dan meningkatkan kesehatan tubuh. Anda bisa menjadikannya sebagai camilan sehat asal tidak berlebihan.

Polong-polongan

Jenis polong-polongan seperti kacang kedelai, kacang merah, kacang hijau dan jenis polong-polongan lain baik karena indeks glikemiknya rendah serta karbohidrat yang terkandung di dalamnya berkualitas tinggi, serat yang larut sehingga dapat mengontrol kadar gula darah dan kandungan protein tanpa lemak.

Beberapa jenis makanan sehat ini akan bermanfaat bagi tubuh kita. Menjaga pola dan gaya hidup akan jauh lebih baik. Mengkonsumsi makanan rumahan ketimbang Anda membelinya di warung yang nilai kebersihannya terjaga atau tidak. Sayangi tubuh kita dengan tak hentinya menjaga kesehatan.