Mengatasi Insomnia

Foto : worldnewshut.com

Foto : worldnewshut.com

TERASWARTA – Kesehatan | Satu hal yang paling tidak mengenakkan adalah munculnya keadaan yang malas, tidak segar dan juga tak bertenaga di pagi hari kita lantaran mengalami gangguan tidu pada malam hari. Istilah yang lebih familier dengan sebutan insomnia.

Ada banyak hal tentunya yang membuat hal diatas terjadi, berikut adalah tips untuk menghilangkan kesulitan tidar di malam hari :

Hindari tidur pada jam tanggung : Maksud di sini adalah jangan anda tidur pada jam-jam sore sampai petang lantaran banyak pengalaman hal ini membuat Anda akan kesulitan tidur pada malam harinya.

Tidurlah diruang yang bersuhu dingin bersahabat : Hal ini lantaran tidur dalam suhu yang panas akan membuat Anda merasa gerah yang akibatnya Anda juga akan menjadi sulit tidur karena menahan rasa gerah, tidak nyaman dan andai tidur pun anda tidak akan mampu tidur dengan nyenyak.

Hindari makan snack dengan porsi besar pada malam hari : Saat menonton TV atau melakukan sebuah aktifitas memang wajar dan sah-sah saja bila kita sambil ngemil makanan ringan namun apabila Anda mengkonsumsi terlalu banyak juga bisa menjadi salah satu penyebab Anda susah tidur lantaran adanya gangguan pencernaan yang membuat Anda akan sulit untuk segera terlelap.

Hindari Obat tidur : Lantaran susah tidur tak jarang ada orang yang memilih untuk mengkonsumsi obat tidur. Hal ini adalah hal yang sepenuhnya baik terlebih bila kita mengkonsumsi tanpa sebab pasti atau anjuran dokter. Kebiasaan ini yang lantas akan merangsang tubuh pada ketergantungan yang lama kelamaan justru tubuh akan kebal sehingga efek obat tidak bisa mengatasi kesulitan tidur kita.

Berolah raga sebelum tidur : Hal ini bisa Anda lakukan agar peredaran darah lancar. Rasa lelah yang timbul oleh sebuah aktifitas olah raga akan juga membat tidur Anda menjadi lelap dan berkualitas.

Beranjak dari tempat tidur : Sering kali saat kita berada ditempat tidur malah tidak bisa memjamkan mata kita tetapi saat beranjak ke tempat lain justru menjadi mengantuk. Lakukan hal ini sebagai salah satu cara juga agar Anda bisa tidur.

Biasakan tepat waktu : Cobalah untuk berlatih memaksa diri untuk tepat waktu dalam hal tidur dan bangun. Tidurlah pada jam yang Anda tentukan dalam setiap harinya demikian juga untuk bangun pagi. Biasakanlah ini sebagai salah satu cara mengatasi kesulitan tidur.

Hilangkan kata , “besok libur sekarang bebas” : Kata ini sah-sah saja tetapi bisa jadi kemudian muncul juga kata besok pekerjaan ringan maka bisa begadang. Apabila hal ini menjadi kebiasaan maka yang terjadi adalah Anda akan menjadi memiliki penyakit susah tidur ini. Maka ada baiknya bahkan ketika libur Anda tetap tidur dan bangun pada jam yang sama.

Demikian tips menghilangkan Insomnia atau kesulitan tidur pada malam hari. Memang ada yang justru bekerja pada malam hari atau tuntutan lain yang mengharuskan Anda bekerja pada malam hari. Satu yang pasti cerdiklah dalam menghadapi situasi ini. Kenali diri dan kesehatan Anda karena kebutuhan tidur ini mutlak perlu untuk kesehatan kita.