Membiasakan Diri Minum Air Putih

foto : food.detik.com

foto : food.detik.com

TERASWARTA – Kesehatan | Minumanyang paling sehat seperti yang kita ketahui adalah air putih. Namun membiasakan diri minum air putih terkadang bagi sebagian orang sangat sulit. Rasa air putih yang tawar, ada pula yang berpendapat kalau rasa air putih itu pahit.

Membiasakan diri minum air putih sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Memulainya terkadang sulit, namun ada beberapa tips yang bisa Anda coba agar sehat.

Sayangi Diri Sendiri

Tubuh kita membutuhkan air putih yang berguna untuk membersihkan dan melembabkan kulit serta tubuh. Makanan yang masuk dalam tubuh kita sehari-hari membutuhkan air putih untuk membantu pembersihan tubuh dan pencernaan. Apalagi bagi Anda yang gemar mengkonsumsi makanan fast food, junk food, snack kemasan yang berasa manis tetap membutuhkan air putih. Zat-zat yang diperlukan oleh tubuh dari makanan yang kita konsumsi tentu saja membutuhkan air putih. Untuk minuman pekat yang sering Anda konsumsi seperti kopi atau teh dapat mengganggu pencernaan Anda, karena minuman ini mengandung kandungan gula dan zat yang ada di dalamnya akan menjadi masalah apabila mengendap dalam tubuh.

Belajar Minum Air Putih dengan Gelas Kecil

Bagi mereka yang sulit membiasakan diri minum air putih, Anda bisa memulainya dengan gelas kecil. Anda bisa mencobanya setiap 2 jam minum air putih. Takaran yang baik adalah 5 gelas sampai 8 gelas per hari untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Apabila minum setelah makan biasakan 20 menit setelah selesai makan agar lebih sehat bagi tubuh akan nutrisi yang masuk.

Hindari Minum Air Putih Setelah Mengkonsumsi Makanan Manis

Apabila Anda termasuk salah satu dari mereka yang kurang suka minum air putih, hindari minum air putih setelah makan makanan manis. Hal ini berlawanan dengan banyak fakta yang terjadi yaitu minum setelah makan makanan manis terasa segar dan menambah dahaga.

Konsumsi Air Putih Dingin

Anda dapat memilih air putih yang sudah disimpan di lemari es untuk menciptakan rasa suka terlebih dahulu terhadap air putih.

Sediakan Air Putih Setiap Saat

Membiasakan diri minum air putih juga bisa Anda lakukan dengan selalu menyediakan air putih kemanapun Anda pergi. Pada saat Anda bekerja, siapkan di meja kerja Anda. Apabila Anda hendak tidur bawalah air putih, letakkan di samping tempat tidur. Membiasakan minum air putih sewaktu bangun tidur akan membuat tubuh Anda menjadi lebih sehat dan mempunyai daya tahan tubuh yang baik.

Ada banyak cara agar kita terbiasa mengkonsumsi air putih, dan melepaskan kebiasaan lama minum kopi yang terlalu berlebihan sebagai pengganti air putih.Rasakan perbedaannya ketika Anda lebih banyak mengkonsumsi air putih dibanding minuman pekat lain seperti kopi, susu atau minuman bersoda. Segala sesuatu jika dikonsumsi normal tidak berlebihan maka akan sehat dalam tubuh.