Manfaat ikan lele bagi jantung dan otak

Manfaat Ikan lele bagi kesehatan (foto : nuaink.webs)

Manfaat Ikan lele bagi kesehatan (foto : nuaink.webs)

TERASWARTA – Kesehatan | Ikan yang hidup di air tawar penuh manfaat adalah lele. Tentu saja ikan ini tak asing di telinga kita. Ikan lele dapat kita jumpai di warung-warung makan, kedai kaki lima bahkan di restoran. Ada banyak cara juga untuk memasak ikan lele manjadi kuliner yang sehat serta lezat. Ikan lele ternyata mempunyai banyak manfaat sehat bagi jantung dan otak. Anda juga tidak susah untuk mendapatkan makanan ini. Ada baiknya Anda mencobanya.

Berikut manfaat ikan lele bagi kesehatan :

Sumber protein yang baik

Ikan lele yang diolah dan kita konsumsi merupakan sumber protein yang baik bagi tubuh kita. Sumber protein ini mencukupi kebutuhan asam amino yang diperlukan sehari-hari oleh tubuh. Protein dari ikan lele akan membantu tersedianya energi dalam tubuh, kualitas asam amino yang dihasilkan dari ikan lele juga mampu membangun otot dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Vitamin B 12

Sumber vitamin B 12 yang terkandung dalam ikan lele membantu tubuh memecah makanan yang kita konsumsi menjadi energi. Asupan vitamin B 12 yang kita peroleh akan membuat tubuh menjadi lebih bertenaga dan kuat.

Jantung dan otak sehat

Bukan hal yang baru apabila ikan mengandung omega 3 dan omega 6 adalah ikan-ikan yang mempunyai bandrol harga tinggi seperti salmond, kod dan lain sebagainya. Tetapi jangan salah, ikan lele dengan bandrol harga jauh lebih murah juga mempunyai kandungan asam lemak omega 3 dan asam lemak omega 6 yang tinggi pula.  Kandungan asam lemak omega 3 dan 6 ini tentu saja sangat baik untuk jantung dan otak kita.

Sahabat teras, ikan yang terkadang disepelekan sebagai ikan murahan ternyata mengandung asupan penting untuk tubuh khususnya jantung dan otak kita. Tak perlu biaya yang cukup mahal untuk memenuhi saupan penting ini tentunya. Ikan lele banyak dijumpai di sekitar kita. Ikan lele yang biasanya dibudidayakan oleh kelompok tertentu dikelola di kolam air tawar yang tentu saja bebas merkuri. Tak perlu khawatir lagi sahabat, untuk tetap sehat jaga selalu menu dan pola makan Anda. Penuhi kebutuhan penting bagi tubuh Anda agar kesehatanpun terjaga.