Manfaat dan Pengaruh Buah Nanas Bagi Ibu Hamil

Manfaat Buah Nanas

TERASWARTA – Kesehatan | Buah nanas adalah buah yang terkadang dihindari atau bahkan dicari oleh sebagian orang. Buah ini sejak dahulu menjadi buah yang kontroversial dalam hal pendapat. Ada yang menyatakan buah ini tidak baik karena dapat menggugurkan kandungan, menyebabkan keputihan dan lebih banyak alasan lagi. Pendapat beragampun bermunculan.

Nanas, nenas atau ananas (Ananas comosus (L) Merr.) adalah jenis tumbuhan tropis yang berasal dari Brasil, Bolivia dan Paraguay. Tumbuhan nanas ini termasuk dalam familia nanas-nanasan (Famili Bromeliaceae). Habitus tumbuhannya rendah, daunnya panjang sekitar 30 atau lebih, berujung tajam, tersusun bentuk roset mengelilingi batang. Buah nanas ini disebut pineapple dalam bahasa inggris yang disebabkan bentuknya menyerupai pinus. Nanas berasal dari sebutan orang Tupi yaitu anana dimana merupakan buah yang sangat baik.

Di Indonesia, buah nanas biasa dikonsumsi dalam bentuk selai, rujak, lutis, manisan dan jenis makanan lainnya. Ada beragam pendapat dan juga kebiasaan yang terjadi di masyarakat. Nanas muda misalnya, biasanya dikonsumsi bagi wanita yang terlambat datang bulan. Begitu juga buah nanas yang tua, saat dikonsumsi terasa segar dan manis. Tetapi terdapat pengaruh yang kurang baik bagi tubuh yaitu pemicu terjadinya rematik.

Buah nanas biasanya dihindari oleh ibu hamil, namun sebenarnya buah nanas juga baik asal mengkonsumsi dalam jumlah yang wajar.

Manfaat buah nanas bagi ibu hamil antara lain :

  • Menurunkan tekanan darah tinggi bagi ibu hamil
  • Sistem pencernaan menjadi kuat
  • Mencegah pembentukan sel kanker
  • Menambah daya tahan tubuh
  • Kandungan serotinnya dapat mengurangi rasa stress

Beragamnya pendapat mengenai buah nanas untuk ibu hamil ini tentu saja perlu dicermati. Bagi Anda yang sedang hamil tidak ada salahnya untuk berkonsultasi pada dokter. Manfaat buah nanas tidak selamanya merugikan bagi ibu hamil, yang terpenting adalah menjaga porsi buah yang dimakan. Bila mengkonsumsi terlalu banyak buah nanas apalagi yang muda tentu saja akan menyebabkan keguguran karena kontraksi dinding rahim yang meningkat. Semoga bermanfaat (berbagai sumber dan wikipedia.org)