Manfaat bawang merah untuk kesehatan

Manfaat Bawang Merah (Foto : epetani.deptan)

Manfaat Bawang Merah (Foto : epetani.deptan)

TERASWARTA – Kesehatan | Salah satu bumbu dapur yang mempunyai manfaat lebih adalah bawang merah. Bawang merah biasa dipakai sebagai bumbu utama masakan Indonesia atau daerah melayu. Masakan Indonesia baik tumis maupun berkuah biasanya juga menggunakan bawang merah. Bahkan sekarang bawang merah goreng terjual dalam bentuk kemasan yang biasa digunakan sebagai tambahan untuk berbagai makanan. Bau bawang merah yang diiris dan belum diolah sangat kuat, dan bau ini akan berkurang ketika diolah.

Bawang merah merupakan tanaman musiman, memiliki ciri umbi berlapis. Umbi bawang merah terbentuk  dari lapisan daun yang dalam waktu tumbuh semakin membesar dan menjadi satu.

Terdapat banyak manfaat dari bawang merah antara lain :

Pengobatan tradisional

Bawang merah berfungsi untuk menurunkan panas dan mengobati masuk angin. Anda bisa mencoba dengan mengupas 1 siung bawang merah pecahkan dengan kuku dan usapkan di punggung, akan Anda dapatkan rasa hangat dalam tubuh.

Mengatasi perut kembung

Masyarakat pedesaan sering menggunakan bawang merah untuk mengatasi perut kembung dan muntah-muntah. Caranya juga mudah yaitu 1 siung bawang merah kupas dan dihancurkan, kemudian balurkan ke tubuh. Biasanya untuk bayi.

Menurunkan kolesterol

Mengkonsumsi bawang merah secara teratur dapat menurunkan kolesterol dalam darah dan menghilangkan gumpalan darah. Hal ini dari sulfur yang terkandung dalam bawang merah.

Anti radang dan pembunuh bakteri

Kandungan flavon glikosida dalam bawang merah dapat berfungsi untuk membunuh bakteri merugikan dan anti radang.

Mengencerkan dahak

Apabila Anda batuk tak ada salahnya untuk mencobanya. Kandungan sapoin dalam bawang merah berkhasiat untuk mengencerkan dahak.

Ada banyak manfaat yang terkandung dalam bawang merah. Tips kesehatan ini sangat alami sehingga tidak ada efek samping yang begitu berarti dibandingkan jika kita menggunakan obat yang mengandung bahan kimia. Selain mudah didapat Anda juga dapat mendapatkan manfaatnya untuk menyembuhkan beberapa  keluhan ringan yang sering terjadi di sela kesehatan yang sekarang ini kadang terabaikan. Demikian tips kesehatan dari kami semoga bermanfaat untuk Anda, dan nikmati hidup dengan selalu hidup sehat.