Kirab Budaya dalam rangka Sumpah Pemuda

Kirab Budaya Gunungkidul

Kirab Budaya Gunungkidul

TERASWARTA – Warta | Ribuan warga memadati sepanjang jalan di Kota Wonosari Gunungkidul kemarin siang (26/10/2013). Hal ini adalah karena di alun-alun Kabupaten Gunungkidul ini di adakan acara kirab budaya yang diikuti oleh 23 Sekolah serta tak kurang dari 10 kelompok Organisasi Kepemudaan (OKP).

Acara ini sendiri di mulai pada pukul 13.30 WIB dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke 85 tahun 2013 yang sengaja diadakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Gunungkidul bekerjasama dengan DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia dengan tujuan memberikan wadah bagi para pemuda dan juga pelajar untuk berinovasi serta berkreatifitas selain juga sabgai wahana untuk mempertahankan segala kekayaan budaya yang ada.

Acara yang mengundang banyak perhatian masyarakat ini juga semakin meriah dengan adanya lomba foto yang juga diadakan secara khusus dengan obyek foto acara kirab ini sendiri dengan berbagai hadiah yang telah disiapkan oleh panitia.

Pakaian Kreatif dalam Kirab

Pakaian Kreatif dalam Kirab

Nampak juga bagaimana antusias para peserta kirab yang diikuti oleh para siswa sekolah di Gunungkidul ini yang nmapk dari keceriaan juga pakaian-pakaian yang beraneka warna yang menggambarkan berbagai macam peran. Puluhan bentuk kesenian tradisional juga diperagakan oleh masing-masing kelompok pelajar. Ada pakaian adat, pakaian kreatif sampai pakaian dengan bentuk modern yang menggambarkan keanekaragaman masyarakat yang saat ini ada di Gunungkidul.

Adapun acara yang berlangsung ini mengambil rute kirab mulai dari Alun-alun Kabupaten Gunungkidul berjalan ke arah timur dan berbelok ke arah utara di jalan Sumarwi, kemudian memutar ke arah barat melalui jalan di depa Kodim sampai akhirnya mengambil finish di Taman Kota.

 Sebuah acara yang semoga mampu menjadi inspirasi bagi semua untuk semakin mencintai budaya dan juga keanekaragaman dengan semangat Sumpah Pemuda yang membangun dan menyatukan Nusantara.