Kinahrejo Wisata Alam dan Religi

Wisata Merapi melalui Kinahrejo
TERASWARTA – Wisata | Kinahrejo tentu tak asing bagi anda terutama yang biasa menapakkan langkah-langkah kaki didaerah Gunung Merapi. Sebuah tempat yang tak bisa lepas dari sosok juru kunci bernama Raden Ngabehi Surakso Hargo atau yang lebih dikenal denga nama mbah Maridjan. Beliau adalah seorang yang terkenal ramah dan penuh senyum terhadap para wisatawan atau pendaki gunung Merapi. Seorang juru kunci yang di pilih oleh Keraton Ygyakarta semenjak 1982 sampai meninggalnya pada tahun 2010 yang lalu oleh keganasan erupsi gunung Merapi yang dia jaga.
Kinahrejo mungkin tak seindah dulu namun tetap saja memiliki alam yang masih akan selalu indah untuk dikunjungi dan dinikmati. Sebuah daerah yang cukup subur dan menjadi wilayah penduduk dalam mencari sumber penghasilan dari bercocok tanam. Kesuburan yang diberikan  oleh sang Kuasa yang berasal dari abu vulkanik yang memang banyak mengandung mineral. Dan ternyat atidak cukup disitu saja daerah ini memiliki juga tujuh mata air serta kesenian tradisinal yan terkenal dengan nama labuhan. Yakni upacara yang diadakan oleh masyarakat atau Keraton Yogyakarta sebagai ungkapan rasa syukur, dan acara ini dilakukan setiap tahunnya secara rutin.
Labuhan
Memang saat ini sudah tidak terdapat lagi pohon-pohon yang besar layaknya dulu sebelum terjadi erupsi tahun 2010, tergantikan oleh tanaman perdu dan pohon-pohon tak cukup besar yang memang sengaja di tanam sebagai tahap reboisasi hutan yang gundul akibat bencana.
Kinahrejo meski dalam keadaan seperti sekarang ini masih sangat indah untuk dikunjungi dengan pemandangan utama gunung merapi sendiri atau bahkan luasnya kota Yogyakarta dan sekitarnya dari ketinggian di lereng-lereng gunung dalamnya jurang yang adalah sungai aliran lahar nampak memamerkan kemegahan keindahanya. Tentu juga merupakn fenomena alam tersendiri bagi anda yang menyukai wisata alam semacam ini.
Lokasi Makam dan Rumah mbah Maridjan
Kinah rejo saat ini menjadi  museum, saksi hidup keganasan erupsi gunung merapi. Akan anda dapatkan pemandangan yang seolah membawa anda kepada masa itu saat terjadi awan panas yang menghanguskan apa saja yang dilewatinya. Bagaimana bangunan bahkan yang sangat kokohpun menjadi rata akan tanah. Mobil yang dan kendaraan terpanggang sehingga sama sekali tak dapat digunakan. Sisa-sisa keganasan awan panas yang masih bisa anda saksikan di sekitaran rumah mbah maridjan ini. makan Beliau juga berada setia di Kinahrejo ini.
Kini kinah rejo tak hanya menjadi wahana wisata alam semata namun juga menjadi wisata religi dengan sosok setia mbah maridjan yang begitu setia menjaga sebagai juru kunci serta bagaimana kuasa Tuhan yang maha dahsyat bisa anda rasakan ditempat ini.
Kinahrejo juga menjadi pintu terdekat bagi anda yang berkeinginan mendaki gunung merapi, bagi anda yang ingin belajar tentang kehidupan masyarakat desa beserta aktifitasnya serta seni budaya yang ada di sana. Selamat mencoba wahana wisata ini.