Khasiat bawang putih

Manfaat Bawang Putih

Manfaat Bawang Putih

TERASWARTA – Kesehatan | Dalam kehidupan sehari-hari kita sering menemui umbi yang sangat penting digunakan sebagai bumbu memasak, yaitu bawang putih.  Bukan hal yang baru pula kita mengetahui manfaat bawang putih bagi kebutuhan memasak setiap hari yang  juga baik untuk kesehatan selain rasanya  khas di lidah kita.

Bawang putih masuk dalam famili Allium. Bawang-bawangan yang biasa kita kenal seperti bawang merah, bawang bombay, bawang prei, daun bawang dan kucai. Jenis bawang-bawangan ini sangat biasa kita temui saat kita memasak, atau di beberapa rumah makan yang menyediakan aneka masakan bawang dalam kemasan matang seperti bawang goreng.  Dari jenis bawang-bawangan tadi yang paling baik untuk tubuh kita adalah bawang putih.

Sesungguhnya bawang putih ada yang berwarna seperti keunguan dan merah muda, namun yang biasa dikenal di masyarakat adalah bawang putih. Apa saja manfaat bawang putih bagi kesehatan kita?  Bawang putih secara keseluruhan bermanfaat untuk menangkal flu, meredakan insomnia, mengendalikan penyakit degeneratif seperti hipertensi, diabetes, stroke, jantung koroner, menyeimbangkan kolesterol, kanker dan masih banyak lagi.

Umbi bawang putih ini berbentuk umbi mengelompok sekitar 14 siung. Tetapi ada juga bawang putih yang terdiri dari satu siung saja dan biasa disebut bawang lanang (jawa) atau bawang tunggal. Untuk jenis bawang tunggal ini bermanfaat untuk menurunkan hipertensi. Anda bisa mengkonsumsinya dalam bentuk campuran acar mentimun.

Dalam bawang putih terkandung zat-zat penting untuk tubuh kita dan bermanfaat antara lain :

  • Mengendalikan penyakit degeratif seperti hipertensi, stroke, diabetes, kolesterol, jantung koroner. Zat dalam bawang putih yaitu aliin, zat ini sebenarnya tidak bau akan tetapi didorong oleh enzim alinase sehingga ketika kita memarkan bawang putih maka baunya akan terasa sekali
  • Mengaktifkan pertumbuhan sel-sel baru
  • Bawang putih bermanfaat untuk mengurangi nyeri sendi dan menyegarkan tubuh sehingga mendorong terbentuknya sel-sel baru.
  • Memperbaiki maskulinitas pria. Kandungan mineral selenium dapat mencegah pengentalan darah, sehingga mempermudah ereksi.
  • Memperbaiki kondisi saluran telur. Membersihkan rahim dengan menampung oksigen lebih banyak sehingga sel-sel dinding rahim diremajakan dan siap ditempeli zigot.

Ada banyak sekali manfaat bawang putih selain untuk memasak. Anda bisa mengolah bawang putih dengan aneka rasa dan bentuk. Selain nikmat di lidah manfaat bagi tubuh Anda itulah yang terpenting.