Ikan Kembung Bumbu Kuning

 

TERASWARTA – Resep Masakan | Sahabat teras kali ini kami akan menghadirkan resep menu makanan dengan bahan dasar ikan. Ikan yang dipakai saat ini adalah ikan kembung. Masyarakat Indonesia belum semuanya membiasakan makan ikan dan biasanya lebih memilih daging berkaki empat atau daging ayam ras maupun kampung. Ikan kembung mengandung energi yang tinggi sebesar 103 kilokalori, karbohidrat 0, lemak yang cenderung sedikit, kandungan protein yang tinggi, kalsium, fosfor, dan zat besi. Beberapa kandungan gizi yang terdapat di ikan kembung sangat dibutuhkan untuk tubuh manusia khususnya bagi anak yang sedang tumbuh kembang. Dalam ikan kembung juga terdapat kandungan vitamin A, B1.

 

Dari kandungan gizi yang sangat baik buat tubuh kita, maka kami akan hadirkan resep ikan kembung bumbu kuning. Sederhana saja cara membuatnya. Cara membuat dan bumbu apa saja yang dibutuhkan sebagai berikut :

Bahan :
8 ikan kembung ukuran sedang, bersihkan
3 buah kacang panjang, potong-potong
300 ml santan encer
2 batang kemangi
1 btg serai, memarkan
2 sdm minyak goreng
2 sdt gula
1 lbr daun salam
Bumbu yang dihaluskan :
6 siung bawang merah
3 siung bawang putih
6 buah cabai rawit merah
2 cm jahe
4 cm kunyit
Garam secukupnya
Cara memasak :
  • Tumis bumbu yang sudah dihaluskan, tambahkan serai,  gula dan daun salam hingga harum.
  • Masukkan santan, aduk rata hingga mendidih
  • Masukkan ikan kembung, kacang panjang,  aduk pelan tunggu hingga santan sedikit berkurang dan bumbu meresap dan ikan matang
  • Masukkan daun kemangi, angkat dan sajikan
Menu ikan kembung bumbu kuning ini cara membuatnya sangat sederhana dan banyak kandungan gizinya. Mudah bukan sahabat teras, menu ini cocok untuk mengganti menu harian Anda yang bisa menambah selera makan. Selamat mencoba.