Ekonomi dan Bisnis
TERASWARTA – Ekonomi | Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dan pergerakan rupiah hari ini cenderung kembali melemah. Situasi ini diwarnai dengan pengumuman inflasi september serta kejatuhan indeks Dow Jones semalam.
Hari ini akan dirilis data inflasi bulan september yang diprediksi sebesar 0,44 persen serta data data ekspor yang diprediksi minimal 15,15 milliar dollar dan 17 milliar dollar untuk impor. Data lain yang mewarnai pasar hari ini adalah defisit total perdagangan dan defisit transaksi berjalan. Harapan pasar defisit total perdagangan bisa berkurang dari 5,65 milliar dollar dan defisit transaksi berjalan lebih rendah dari 9,8 milliar dollar. Jika hal ini tidak sesuai harapan pasar dapat menimbulkan sentimen tersendiri akibatnya IHSG dan rupiah akan mengalami aksi jual.
Sementara itu pergerakan laju rupiah juga sejalan dengan melemahnya mata uang beberapa negara berkembang seperti yang terjadi dengan ringgit malaysia. Melemahnya rupiah dan beberapa mata uang negara berkembang ini akibat kekhawatiran kebijakan moneter bank sentral AS. Sedang di Indonesia dipengaruhi oleh beberapa data inflasi hari ini, defisit transaksi berjalan dan defisit total perdagangan.
Secara teknikal Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak pada range area 4.275 sampai 4.418. Support berada di level 4.275 sampai 4.305 sedang level resistance 4.410 hingga 4.418. MACD dan stochastic menunjukkan pergerakan masih turun sehingga berpotensi pelemahan.
Sementara itu, pergerakan rupiah secara teknikal mencapai level lemah di Rp. 11.660 setelah berhasil mencapai level terkuatnya Rp. 11.525 dari harga pembukaan terhadap dollar AS.
Sentimen negatif yang terjadi saat ini juga datang dari adanya berita penolakan Senat AS atas rancangan anggaran yang diajuka The US House of Republic, yang ikut memberi kekhawatiran pasar. Data-data fundamental ekonomi di atas sangat penting untuk menjadi dasar analisa transaksi perdagangan hari ini. Analisa teknikal dari beberapa indikator juga dapat membantu keberhasilan dalam bisnis ini. Menjalankan trading plan dengan disiplin maka transaksi akan berjalan dengan baik. Dan semoga pasar dapat bersahabat bagi para investor khususnya dari Indonesia.