Hutan Wanagama dan Pesona Alamnya

Hutan Wanagama (foto ; Ugm)

Hutan Wanagama (foto ; Ugm)

TERASWARTA – Wisata | Bagi Anda yang saat ini belajar di Yogyakarta secara khusus sedang kuliah di universitas Gajah Mada atau juga alumni tentu tak asing dengan sebuah hutan yang berada di sebuah wilayah di Gunungkidul. Wanagama adalah nama hutan lindung ini. Sebuah hutan yang sampai saat ini memiliki peran terpenting bagi masyarakat Gunungkidul utamanya dalam membantu ketersediaan air di sekitar wilayah ini. Bagaimanapun hutan inilah yang mampu menyerap air dan menyimpannya.

Hutan lindung yang dirintis oleh akademisi Universitas Gajah Mada Profesor Oemi Hani’in Suseno pada tahun 1964 yang dengan biayanya sendiri memulai proyek penghijauan sampai akhirnya dukungan yang positif mulai muncul hingga luas hutan saat ini tak kurang dari 600 hektar. Membentang sampai ke dua kecamatan yang berbeda yakni kecamatan Playen dan Pathuk Gunungkidul.

Saat ini terdapat berbagai fasilitas yang bisa didapatkan di sana seperti tersedianya beberapa bangunan yang siap di jadikan sebagai tempat sarasehan atau pertemuan-pertemuan dengan fasilitas yang memadai tentu tanpa akan ketinggalan nuansa alam yang menyertai lingkungan sekitarnya. Di beberapa bagian lain yang masih menjadi satu dengan kawasan ini juga mulai di bangun rest area seperti di hutan Bunder.

Sungai Oya juga menjadi pemandangan lain yang cukup akan membawa kesegaran bagi kita yang berkunjung kesana untuk melepaskan penat dan letih setelah melakukan banyak aktifitas. Anda bisa menggunakan kendaraan mobil, atau sepeda motor bahkan akan lebih mengasyikkan dengan sepeda kayuh namun tentu harus di ingat juga kesiapan rem Anda lantaran ada beberapa jalan turun naik di sana.

Akan menyenangkan tentunya bila Anda bersama keluarga berkunjung ke hutan wanagama ini dengan membawa bekal kemudian menggelar tikar di antara rimbunnya dedaunan pohon tinggi yang siap menjadi peneduhnya.

Untuk sampai ketempat ini tidaklah sulit. Anda cukup melakukan perjalanan dari Yogyakarta menuju ke arah Gunungkidul. Setelah Anda menemukan rest area di hutan bunder terus saja melanjutkan perjalanan sampai Anda menemukan perempatan gading dengan tanda adanya kantor polisi. Dari sini anda kemudian mengambil arak belok kanan. Ikuti jalan terus sampai menemukan belokan ke arah kanan yang menjadi akses menuju ke arah Hutan wanagama ini.  Jalan memang tak cukup luas namun sudah cukup dan bahkan nyaman untuk dilalui.

Pesona wisata alam yang rasanya juga tak seharusnya Anda lewatkan dengan berbagai pesona flora dan faunanya. Semoga manfaat