Hari Idul Adha

Idul Adha

TERASWARTA – Warta | Gema takbir kembali bergema tadi malam (14/10/2013) namun bukan hari raya idul fitri tentunya. Sebuah hari yang tak kalah istimewa di peringati pada hari ini (15/10/2013). Idul Adha yakni sebuah peringatan peristiwa kurban, sebuah peringatan akan peristiwa dimana Nabi Ibrahim (Abraham) bersedia mengurbankan putranya Ismail untuk Allah yang pada akhirnya digantikan oleh Allah dengan seekor domba.

Di RW 29, Sinduadi, Sleman, Yogyakarta dan beberapa tempat di daerah ini semalam juga mengadakan beberapa kegiatan seperti takbir meski dengan sederhana namun nampak antusias di ikuti oleh anak-anak dan remaja tanpa ketinggalan beberapa kegiatan lain seperti lomba. Bapak Warsono yang juga adalah ketua RT 11 dimana kantor teraswarta.com juga bertempat mengatakan, bahwa ada beberapa kegiatan yang memang rutin diadakan meski kelompok-kelompok kecil namun ini sebagai ungkapan rasa syukur serta wujud dukungan terhadap kegiatan-kegiatan keagamaan termasuk seperti malam takbir dalam rangka Idul Adha malam tadi.

Hari ini Umat Islam juga mengadakan Sholat Ied dan dilanjutkan dengan mengadakan acara penyembelihan hewan kurban di Masjid As Habul Jannah berupa hewan sapi dan kambing. Hal yang tentunya kurang lebih sama dengan beberapa daerah lain yang kemudian akan dibagikan kepada umat yang berada dalam lingkungan sekitarnya. Sebuah kegiatan keagamaan yang penuh makna berbagi juga tentunya.

Dalam keterangan tersendiri juga lewat beberapa sumber Hari Idul Adha ini juga merupakan puncak dari ibadah haji yang dilaksanakan oleh umat Muslim maka sebutan lain yang biasa kita dengar menyebutkan Hari Idul adalah sama dengan Idul Qurban atau Lebaran haji.