Faktor yang perlu diperhatikan saat memancing di laut

Tips Mancing di laut
TERASWARTA – Mancing | sahabat teras pecinta hobi mancing, tentu mendapatkan ikan yang besar atau banyak adalah dambaan bagi para pemancing meski tak sedikit pula yang memang menikmati kegiatan ini untuk sungguh hanya sebagai sarana berolah raga dan rekreasi. Namun tentunya akan semakin menyenangkan juga bila saat kegiatan berolah raga atau refreshing dengan memancing kita juga mendapatkan hasil yang baik. Tentu akan semakin membuat kita bersemangat tentunya.
Berikut adalah tips agar kita bisa mendapatkan ikan saat memancing :
  • Saat memancing sebenarnya kita tak bisa begitu saja mengambil waktu terkecuali bila kita melakukan pemancingan di kolam ikan. Maka waktu yang paling tepat sebanarnya adalah pada waktu menjelang fajar sampai menjelang siang, hal ini karena banyak pengalaman yang menyatakan bahwa saat pagi inilah banyak ikan sedang mencari buruannya.
  • Sadar cahaya saat memancing pada malam hari adalah hal yang juga perlu diperhatikan. Ini biasanya berlaku bagi anda yang suka memancing di laut baik di pantai atau rock fishing. Cahaya bulan yang terlalu terang akan bisa jadi mengurangi hasil ikan. Hal ini selain karena ombak yang biasanya besar akibat gravitasi juga senar yang akan memantul oleh air garam dan sinar bulan bisa menakuti ikan. Namun ada sisi baik yang menjadi harapan bagi pemancing adalah adanya sinar bulan namun tertutup oleh awan, biasanya ikan yang ada besar-besar.
  • Angin yang besar juga menjadi hal yang perlu anda perhatikan. Angin yang besar ini biasanya mengakibatkan ikan akan bertahan pada tempat terdalamnya atau tempat bersembunyinya. Maka bila angin terlalu kencang ada baiknya memang anda mengurungkan niat untuk memancing di laut karena biasanya akan minim hasilnya.
  • Gunakan umpan yang pas juga hal penting anda perhatikan. Pada malam hari tidak mungkin anda menggunakan umpan buatan untuk melakukan kasting di perairan hal ini lantaran umpan buatan anda tentunya tidak akan banyak dilihat pergerakannya oleh ikan. Maka gunakan umpan seperti potongan tongkol, cumi atau udang.
  • Musim adalah hal lain lagi yang perlu kita perhatikan. Apabila musim penghujan ikan akan cenderung ke tengah sehingga bukan saat yang tepa tentunya untuk memancing di laut. Hal ini akibat kadar garam yang ada di perairan dangkal akan mengalami penyusutan sehingga bukan saat yang tepat juga untuk memancing.
  • Dan bagi anda yang suka memancing di karang, salah satu tempat yang paling ideal bagi ikan-ikan predator adalah tempat yang banyak terdapat terumbu karangnya. Maka anda bisa melakukan survey dulu di hari yang terang dan cerah sehingga anda bisa menentukan spot mana yang terdapat banyak karang-karang yang memungkinkan ikan mencari makanan.
Demikian sedikit tips tentang apda saja yang perlu kita perhatikan sebelum berangkat memancing agar tak terlalu kecewa dengan hasil yang akan kita dapat meski sebenarnya hobi adalah tetap hobi dan ikan tetaplah ikan yang akan berenang kesana kemari mencari makanan. Keberuntungan kita tetap menjadi penentunya namun tentu tidak ada salahnya kita berusaha untuk memperhatikan faktor-faktor di atas. Salam strike.