Apa itu Tekanan Darah Tinggi dan Cara Mengendalikannya

foto : pengobatanhipertencsi

foto : pengobatanhipertensi

TERASWARTA – Kesehatan | Tekanan darah tinggi atau yang biasa disebut hipertensi sekarang ini merupakan salah satu penyakit yang sering dialami oleh sebagian masyarakat. Tekanan darah tinggi merupakan salah satu pemicu terjadinya penyakit stroke, serangan jantung dan gagal ginjal.

Tekanan darah merupakan tekanan yang dialami darah pada pembuluh arteri ketika darah dipompa oleh jantung ke seluruh tubuh. Biasanya saat periksa di dokter akan ada dua ukuran, misal 140 – 90, yang artinya 140/90 mmHg. Angka 140 menunjukkan tekanan ke atas pembuluh arteri yang diakibatkan oleh denyutan jantung atau pada saat jantung berdetak yang disebut tekanan sistolik. Kemudian terdapat angka 90 yang menunjukkan tekanan saat jantung beristirahat dalam proses pemompaan yang biasa disebut diastolik atau tekanan bawah.

Tekanan darah yang meningkat ini diakibatkan oleh pembuluh darah yang menyempit, sehingga tekanan darah di dalam pembuluh darah juga akan meningkat. Dan bisa timbul permasalahan lain yaitu jumlah darah yang mengalir bertamabah.

Ada banyak hal yang menyebabkan seseorang mempunyai tekanan darah tinggi, antara lain :

Usia                               

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa usia yang bertambah, tekanan darah juga akan meningkat. Faktor usia ini tidak dapat dikendalikan, hanya dapat dicegah dengan menjaga pola makan yang sehat.

Keturunan

Apabila memiliki garis keturunan dari orang tua yang memiliki tekanan darah tinggi, maka terdapat kemungkinan akan menderita tekanan darah tinggi.

Garam

Garam dapat meningkatkan tekanan darah tinggi khususnya bagi mereka yang sudah menderita diabetes, hipertensi ringan, usia yang sudah tua. Ada baiknya belajar sejak dini untuk mengurangi garam.

Kolesterol

Faktor makanan yang dikonsumsi di zaman sekarang mempunyai resiko kolesterol yang tinggi. Kandungan lemak yang berlebih dalam darah, dapat menyebabkan kolesterol, sehingga pembuluh darah menyempit. Memasak sendiri akan menjadi solusi menghindari kolesterol dan berbudaya hidup sehat.

Kegemukan

Bagi mereka yang memiliki berat badan di atas 30 persen dari standar akan memiliki kecenderungan menderita tekanan darah tinggi.

Kafein

Kafein yang terdapat di minuman kopi, teh atau minuman bersoda dapat menyebabkan meningkatnya tekanan darah.

Rokok

Bagi mereka yang mempunyai kebiasaan merokok akan rentan terhadap diabetes, serangan jantung dan stroke. Berhenti merokok adalah solusi terbaik untuk hidup sehat

Stress

Kondisi emosi yang tidak stabil dapat memicu naiknya tekanan darah tinggi. Kondisi ini dapat Anda kendalikan dengan berpikir netral serta berpikir positif.

Alkohol

Bagi Anda yang suka minuman beralkohol yang berlebihan tentunya sangat rentan dengan tekanan darah tinggi. Hal ini bisa Anda kendalikan dengan pola hidup sehat.

Jarang Olahraga

Olahraga yang dilakukan secara teratur pagi 30 menit dengan jalan santai atau senam akan menurunkan resiko tekanan darah tinggi.

Pola hidup tidak sehat seperti di atas sebaiknya dikendalikan sedini mungkin sehingga terhindar dari resiko tekanan darah tinggi. Menjaga pola makan serta pola hidup akan menjadikan Anda hidup dengan sehat. (*dari berbagai sumber)