Parangkusumo
TERASWARTA – Wisata Alam | Sebuah pantai yang sarat dengan nuansa mistik selain parangtritis adalah pantai Parangkusumo. Sebuah pantai yang terletak 30 Km dari pusat kota Yogyakarta Hadiningrat. Pantai yang di kenal dengan nama Parangkusumo, karena memang demikian nama desa letak pantai ini.
Sebuah pantai yang dianggap sakral bagi penduduk setempat atau bahkan juga keraton Surakarta maupun keraton Yogyakarta. Sebuah tempat yang diyakini sebagai pintu gerbang masuk ke istana laut selatan selain parangtritis. Terdapat juga cepuri yang di dalamnya terdapat  sebuah batu yang ceritanya adalah sebagai petilasan Panembahan Senopati bertemu dengan Nyi Ratu Kidul.  
Pada saat-saat tertentu tempat ini menjadi lokasi labuhan. Yakni upacara melarung barang-barang yang telah tidak terpakai bersama dengan sesaji-sesaji khusus yang disiapkan. Hal ini juga sebagai sebuah perlambang membuang sengkala atau hal buruk untuk menjadi lebih baik setelah acara labuhan.
Gerbang parangkusumo

 

Di parangkusumo ini memang ombaknya cukup besar dengan lokasi pantai yang luas berbatasan langsung dengan pantai parang tritis. Dengan keadaan ini maka untuk mencapai pantai ini bukan hal sulit lantaran bisa dicapai hanya dengan jalan kaki saja dari terminal pantai parangtritis.
Untuk upacara yang diadakan oleh umat hindhu seperti melastipun juga di adakan di tempat ini dalam rangkai acara nyepi bagi penganut agama ini. Jadi semakin lengkap saja rasanya nuansa religi di Pantai ini.
Memang perlu juga kehati-hatian bagi para pengunjung pantai ini lantaran ombaknya yang besar. Namun juga jangan khawatir lantaran ada penjaga-penjaga pantai yang siap bekerja untuk menjaga anda berekreasi.
Tentang kuliner juga tak perlu khawatir lantaran ada banyak warung makan di sepanjang jalan masuk pantai ini. Di sisi luar juga ada lapangan yang siap menjadi menjadi tempat parkir yng cukup luas bila anda datang bahkan dengan rombongan yang besar.
Cukup menarik bukan? Sebuah wahana rekreasi untuk anda dan keluarga dihari libur atau waktu luang anda.