Ilustrasi penggunaan ISO
TERASWARTA – Fotografi | sahabat teras, kembali tentang pembahasan berkaitan dengan fotografi. Kali ini kita akan membahas masalah pengaturan ISO pada kamera kita.
Sebelumnya perlu kita tahu dulu apa itu ISO. ISO adalah sebuah kemampuan atau bisa juga di katakan sebagai kemampuan sensitifitas sensor yang berada pada kamera terhadap sebuah cahaya, dengan kata lain juga  ISO ini berfungsi mengatur sensitifitas serta besaran cahaya yang didapat.
Dari keterangan di atas sudah bisa dimengerti khan?  Cara mudahnya adalah bahwa semakin besar ISO pada setelan kamera anda, semakin kecil cahaya yang dibutuhkan untuk mencapai sebuah hasil yang maksimal.
Dengan uraian di atas lantas timbul pertanyaan kapan saat kita harus menaikkan ISO dalam memotret sehingga mendapatkan exposure yang tepat. Berikut pembahasannya :
Pada malam hari :
Malam hari adalah saat dimana kita butuh menaikkan ISO terlebih lagi bila saat itu kita tidak membawa tripod. Hal ini lantaran kita membutuhkan shutter speed yang lebih cepat. Memang ada sedikit gangguan pada beberapa kamera tertentu yakni munculnya noise.
Pada Subyek yang bergerak cepat :
Ini kjuga  lantaran alasan yang kurang lebi sama dengan hal di atas yakni membutuhkan kecepatan shutter yang lebih tinggi maka pilihan untuk meaikkan ISO ini pantas juga diambil agar bisa mendapatkan gambar yang sesuai dengan keinginan kita yakni membekukan obyek foto dalam penangkapan kamera kita.
Pada saat menggunakan flash atau lampu kilat :
Di akui atau tidak menggunkan flash memang tak akan sepenuhnya memuaskan lantaran memang penggunaan flash atau lampu kilat ini tak akan terlalu banyak membantu terutama untuk menerangi subyek atau juga latar belakangnya maka menaikkan ISO adalah juga hal yang tepat tentunya.
Ini beberapa tips yang semoga membantu anda untuk memutuskan saat mana anda menaikkan atau menurunkan pengaturan ISO pada kamera anda. Semua berkaitan erat dengan kondisi cahaya dimana subyek berada. Shutter speed tentu juga menjadi perhatian selanjutnya agar hasil foto tidak kabur atau justru gelap. Selamat mencoba dan semoga manfaat.