sayuran dan buah-buahan Ilustrasi by :info.com
TERASWARTA – Tips Kesehatan | Kolesterol yang tinggi seringkali jadi perbincangan yang seakan menakutkan. Menjadi salah satu momok hebat juga sebagai penyebab penyakit jantung, stroke dan lain sebagainya.
Artinya bahwa kita harus selalu menjaga kadar kolesterol dalam tubuh kita agar seombang dan  terjaga. Maka salah satunya adalah dengan menjaga pola makan. Berikut adalah makanan-makanan yang baiknya kita konsumsi sebagai bahan yang baik untuk menjaga kadar kolesterol tubuh.
Buah dan Sayuran
Semua jenis buah-buahan dan sayuran adalah makanan yang sehat karena mereka mengandung vitamin dan mineral, tidak mengandung lemak dan kadar kalorinya rendah. Mengonsumsi buah-buahan dan sayuran secara rutin dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol dan menjauhkan seseorang dari risiko penyakit jantung dan stroke.
Daging Tanpa Lemak
Coba konsumsi daging tanpa lemak seperti kalkun, ayam dan ikan ke dalam daftar makanan rendah kolesterol. Tetapi jika tetap ingin mengkonsumsi daging merah, usahakan proses memasaknya dilakukan dengan benar dan khusus untuk mengurangi kadar lemak dan kolesterolnya.
Padi-padian
Sebisa mungkin hindari produk tepung putih, kecuali biji-bijian dan sereal dalam makanan. Tepung putih memiliki jumlah karbohidrat yang tinggi dan konsumsi makanan seperti ini dapat meningkatkan kolesterol dalam tubuh. Biji-bijian diketahui memiliki energi yang tinggi dan kandungan serat makanan. Selain itu sereal biji-bijian dan kacang-kacangan, roti coklat, pasta dan kentang juga membantu menurunkan kadar kolesterol.
Produk Susu
Di pasaran saat ini mudah ditemui produk-produk susu skim atau produk susu rendah lemak. Banyak penderita kolesterol tinggi yang menghindari produk susu sama sekali, padahal susu bermanfaat bagi kesehatan. Oleh karena itu, penderita kolesterol tinggi sebaiknya tetap mengonsumsi susu, yakni susu rendah lemak.
Minyak dan Lemak
Hindari lemak jenuh jika Anda sudah memulai diet rendah kolesterol seperti yang ditemui pada beberapa produk seperti mentega, margarin dan minyak yang mengandung lemak jenuh. Untuk menggantinya, cobalah mengkonsumsi minyak ikan sebanyak 3-4 kali seminggu untuk membantu menurunkan kadar kolesterol. Jika ingin menggoreng makanan gunakan minyak zaitun untuk proses memasak, karena minyak zaitun kaya akan lemak tak jenuh tunggal dan polifenol, senyawa yang dapat mengurangi peradangan dalam tubuh dan mengurangi risiko pembekuan darah.
diolah dari : http://cantikpintarmasak.com