Tips Memilih Modem

Tips Memilih Modem

TERASWARTA – Teknologi | Internet pada saat ini bukan lagi sebagai sesuatu yang aneh bahkan telah menjadi hal pokok rasanya. Hal ini selain karena lebih praktis dalam penggunaannya sehubungan dengan pencarian berbagai macam hal, terutama informasi. Di sisi lain tentu ada alat baku bernama modem yang seringkali menjadi masalah apabila tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Lantaran melalui alat inilah Internet dapat digunakan selain tentunya apabila kita menggunakan HP atau PC yang bisa terhubung layaknya speedy.

Berikut adalah hal-hal yang sekiranya perlu diperhatikan dalam pemilihan modem agar sesuai dengan apa yang kita harapkan.  Tipsnya adalah sebagai berikut :
Mencari modem yang sesuai dengan daerah tinggal :
Maksudnya adalah bahwa anda harus sadar sepenuhnya bahwa memang tak semua modem dapat menjangkau  sinyal providernya disembarang tempat. Namun tak jarang  juga di pelosok bahkan ada sinyal yang bisa ditangkap oleh sebuah modem daripada di perkotaan. Maka langkah yang pertama adalah juga bertanya kepada penjual atau teman yang memakai modem di daerah anda sehingga tahu modem apa yang cocok  untuk daerah anda.
Biasanya modem GSM menjadi pilihan tepat, apalagi yang sudah memiliki fitur HSDPA sedang di perkotaan Modem CDMA bisa diandalkan.
Pilih Paket layanan yang tepat :
Maksudnya adalah anda harus jeli melihat apa yang ditawarkan oleh masing-masing provider. Hal ini lantaran pelayanan yang semakin cepat dalam mengakses internet sudah barang  pasti  bisa anda jadikan prioritas pilihan. Hal ini juga bisa kita lihat melalui paket quota atau unlimited yang ditawarkan. Dilihat dari harga tetu saja kurang lebbih akan berbeda.
Pilih Modem dengan Fitur dan Fasilitas yang tepat :
Maksudnya adalah bahwa setiap modem memang memiliki fasilitas masing-masing yang ditawarkan. Hal ini bisa dilihat melalui kecepatan dalam mentransfer sebuah data dalam ukuran Mbps. Inipun masih juga tergantung pada provider masing-masing.
Tips memilih Modem

 

Pilih  Modem Plug and Play :
Maksudnya adalah pilihlah modem yang secara otomatis bisa menyimpan pengaturan koneksi dan juga instalasi program atau drivernya sehingga tidak perlu lagi bersusah payah menginstal melalui  CD atau alat lain. Tinggal colok dan terkoneksi dengan sendirinya tanpa harus melakukan pengaturan ulang setiap akan digunakan.
Pilih Tipe USB modem :
Maksudnya adalah dengan menggunakan modem tipe ini anda akan semakin memudahkan anda dalam menggunakannya. Hal lainya adalah praktis lantaran ada tipe modem dengan kabel USB meski konsekwensi lain model USB modem adalah cepat panas.
Pilih Modem bukan karena Iklan :
Maksudnya adalah jangan asal memilih modem dengan harga yang murah atau banyak ditwarkan dengan berbagai hal yang diunggulkan. Apapun alasannya terkadang Merk memang menentukan. Hal ini tentunya juga berpengaruh pada cara kerja sang modem serta kuat dan tidaknya saat digunakan sehingga tidak mudah trouble atau bermasalah. Dan yang pasti pilihlah yang terkenall tahan panas seperti prolink, ZTE, atau Huawai yang banyak digunakan di negara kita.
Pilihlah Modem Unlock :
Maksudnya adalah pilihlah modem yang bisa di isi kartu dari provider apapun sesuai jaringan GSM atau CDMA yang menjadi basicnya. Hal ini juga akan mengatasi   poin pertama yakni tempat di mana anda tinggal.
Ini adalah beberapa tips yang semoga berguna dalam anda menentukan pilihan untuk pembelian sebuah modem. Dan selamat menjelajah di dunia internet dengan modem baru anda.