Tehnik Foto Panning

Ilustrasi – google.image

TERASWARTA – Fotografi | Dalam Fotografi ada berbagai hal yang bisa dipelajari dan lakukan selain sekedar mengabadikan sebuah peristiwa dalam bidikan kamera. Panning adalah salah satu tehnik yang juga menarik untuk dilakukan. Tehnik yang pada dasarnya untuk menangkap benda yang bergerak cepat dalam sebuah foto. Dengan kata lain biasa di kenal dengan istilah membekukan gerakan benda yang bergerak.

Salah satu ciri dari panning ini sendiri adalah apabila sebuah obyek yang bergerak ini dapat tertangkap dalam bentuk yang jelas dan tajam sedang latar belakangnya tampak kabur. Bagaimanakah mengambil foto dengan tehnik Panning ini? Berikut adalah cara yang bisa anda lakukan :
Persiapkan Tripot :
Hal ini hendaknya anda persiapkan dalam tehnik Panning, terutama bagi yang mengambil gambar menggunakan lensa panjang atau bisa juga anda gunakan monopod.kemudian atur kepala (head) pada posisi yang bisa berputar sehingga memudahkan anda dalam mengikuti obyek yang akan anda foto.
Ambil Posisi terbaik :
Saat akan memotret dengan tehnik ini cobalah ambil tempat yang tepat. Hendaknya ambil posisi yang memungkinkan anda bisa memotret tanpa terhalangi dalam mengikuti obyek. Selain itu juga konseplah latar belakangnya. Biasanya latar belakang yang berwarna akan menghasilkan gambar yang lebih bagus.
Pilih Shutter speed yang paling rendah :
Ini perlu anda lakukan dengan mencoba beberapa pilihan shutter speed sampai yang paling rendah. Mencobalah dengan awal 1/30 demikian seterusnya sampai anda menemukan pola yang tepat. Hal ini juga lantaran cahaya dan kecepatan obyek menentukan.
Persiapkan Fokus :
Auto fokus ini bisa anda gunakan apabila kamera anda menggunakan auto fokus motor servo sehingga bisa membiarkan kamera melakukan fokusnya sendiri mengikuti pergerakan obyek yang ingin anda abdikan dengan tehnik panning ini hanya dengan cukup menekan tombol shutter. Namun apabila kamera anda tidak memiliki fasilitas auto fokus yang cepat maka anda perlu melakukan uji coba atau pra-fokus pada kamera atau dengan kata lain anda mempersiapkan titik obyek akan anda foto.
Dan yang pasti untuk fokus ini anda memang harus mengikuti pergerakan sang obyek dengan sungguh-sungguh. Tekan setengah untuk membiarkan gerakan anda relatif sama dengan obyek dan tekan penuh sampai proses pengambilan foto dengan tehnik panning ini selesai.
Inilah beberapa tips praktis memotret dengan tehnik panning. Semoga manfaat dan yang pasti kuncinya adalah terus berlatih sampai hasilnya sungguh sesuai dengan apa yang anda harapkan dalam tehnik panning ini. /*teraswarta