Suara Misteri Di Yogyakarta

Keraton Yogyakarta
TERASWARTA – Wisata| Bagi para penduduk yogyakarta khusunya di wilayah kota tentu bukan hal aneh bila pernah mendengar suara genderang misterius atau paling tidak pernah membicarakan hal ini.
Fenomena ini adalah terdengarnya suara semacam Drumband atu aubade yang seolah berkumandang di angkasa Yogyakarta yang tentunya hanya pada saat-saat tertentu.
Yang aneh dari cerita dan fenomena yang terjadi ini adalah bahwa suara-suara misterius itu bisa di dengarkan di seluruh penjuru Yogyakarta dengan volume suara sayup-sayup, jelas dan tidak namun sama besaran suaranya.
Banyak cerita yang muncul di masyarakat ketika mencoba menuju ke arah suara yang di maksud  selalu saja merasa kebingungan karena asal muasal suara aubade itu tidak di temukan di sana. Suara justru kemudian berpindah berasal dari arah yang berlainan sama sekali atau berasal dari arah lain tentunya.
Suara misterius ini adalah sebagian cerita yang unik dan aneh di Yogyakarta. Berbagai kalangan sering mengatakan bahwa di antara misal 6 orang berkumpul bisa jadi hanya 3 atau 4 yang mendengarnya sedang yang lainya meski sampai memicingkan telinga untuk mendengarnya masih saja tak bisa mendengar.
Banyak juga informasi yang mengatakan begitu banyak versi cerita tentang suara . Ada yang mengatakan suara tersebut adalah suara genderang Nyi Roro Kidul yang mengadakan perjalanan menuju Gunung merapi. Ada juga yang mengatakan itu adalah suara yang berasal dari genderang pasukan khusus pengawal wilayah kerajaan Ngayogyakarta yang sedang berpatroli.
Ada mitos yang menyebutkan, kalau pendatang atau perantau yang kebetulan singgah di Yogyakarta dan kebetulan mendengar Suara genderang ini maka hatinya tidak akan terpisah lagi dari Yogyakarta. Selalu terkenang dan merindukan Yogya.
Biasanya Suara Genderang Misterius itu tampil di waktu sore antara waktu sholat Ashar dan Maghrib. Namun tidak jarang terdengar pula di waktu pagi hari. Suara Genderang tanpa pernah diketahui secara pasti dimana keberadaan sumber ataupun para “pemain” nya ini masih jadi misteri yang melengkapi kekayaan kisah Legenda serta mitos Kota Yogyakarta.
(chipriant-*berbagai sumber/ karya asli yang termuat juga di  BO.com)