Pesona Pantai Wedi Ombo

Wedi ombo (foto : yogyatrip.com)
TERASWARTA – Wisata | Wedi Ombo adalah sebuah pantai yang terletak di ujung kota Yogyakarta. Berada di sisi pantai tertimur di Gunungkidul sebelum pantai Sadeng tentunya bila anda pernah berkunjung ke sana.
Sebuah pantai dengan pasir putih yang menawan. Pada sisi pantai terdapat sebuah teluk yang berhubungan langsung dengan laut dalam dengan hempasan ombak yang besar. Butuh ekstra kehati-hatian dan waktu tertentu untuk ke teluk ini. Lantaran bisa jadi memang anda bisa terjebak di antara tingginya gelombang yang tidak memungkinkan anda kembali sebelum air kembali surut. Biasanya penduduk di sana akan memberitahu bila air laut akan pasang.
Wedi ombo ini memang dikelilingi oleh pegunungan kars yang membuat seolah pantai ini berada pada cekungan bukit. Pantai yang tak cukup luas namun menawarkan pemandangan alam yang cukup indah.
Menyoal tentang rumah makan, anda juga tidak perlu khawatir lantaran ada beberapa warung makan sederhana yang siap mengobabti rasa lapar anda bila berada di pantai ini. Anda juga tak perlu sepenuhnya khawatir akan panas yang menyengat lantaran ada banyak pohon yang bisa anda jadikan sebagai tempat berteduh sambil memandang indahnya ombak pantai ini.
Bagi para pemancing, wedi ombo juga bukan tempat yang asing. Laut dalam menjanjikan umpan yang dipasang pada mata kail disambar oleh ikan predator besar. Maka jangan heran bila ke sana acapkali banyak pemancing yang bisa kita temui di sana dengan hasil ikan yang besar-besar seperti kakap merah, layur, cucut dan lain sebagainya.
Memang anda harus berjalan beberapa saat dari tempat parkir yang berada di atas untuk sampai ke pantai ini, hanya jangan khawatir pula lantaran jalan untuk menuju ke tempat ini juga telah di bangun senyaman mungkin bagi para pengunjung.
Memancing Teri (foto;yogyes.com)
Pemandangan lain selain indahnya ombak dan hamparan pasir serta karang-karang laut, pada pagi hari anda juga bisa melihat aktifitas para nelayan yang mencari ikan dengan perahu-perahu mereka yang notabene berasal dari pantai-pantai sekitarnya seperti nelayan dari pantai Baron, Drini atau sadeng. Menjadi pemandangan unik yang bisa abadikan dengan bidikan kamera-kamera anda tentunya. Atau juga para penduduk yang sedang memancing ikan teri di pantai.

Cukup menarik bukan? Sebuah wahana wisata yang rasanya harus anda kunjungi saat berwisata pantai di Gunungkidul.