Move On dari Mantan
TERASWARTA – Remaja | Mantan itu adalah sesosok orang yang pernah kita cintai, dan pernah menjadi pasangann hidup kita walau hanya sementara. Mungkin mantan kekasih adalah orang yang paling nyebelin dan menakutkan dari hal-hal lain, apalagi kalau putusnya tidak secara baik-baik, mungkin kalau kamu bandingkan, melihat mantan kekasih kamu dengan melihat hantu, mungkin bisa dibilang lebih serem ketemu mantan kamu, tapi kalau ketemu hantu kamu akan kabur hingga terkencing-kencing ketika ketemu mantan kamu, yang kamu lakukan adalah bingung, nyapa salah, diam salah apalagi jutek tambah salah. Nyapa dibilang ngerespon, diam dibilang sombong, jutek dibilang gak asik. Terus bingung deh harus berbuat apa? Kalau senyum takut dicuekin, apalagi kalau disampingnya ada kekasih barunya, hadehhhh… ngenes dah gigit jari sambil guling-gilingan diatas atap terus jatuh ke tong sampah, sumpah bau banget. Galau? Ya ampyun hari gini masih galau aja ketemu mantan. Tapi hampir semua orang-orang didunia selalu galau ya, anak ABG, remaja, dewasa, anak kecil, bapak-ibu serta kakek nenek semua galau. Anak kecil aja kalau makan selalu galau (Gak Ada Lauk). Kalau ditanya untuk anak ABG, tentang galau dia bakal jawab “Galau? ( Gak Lah Yau)” Kalau anak remaja ditanya tentang galau dia akan jawab “Galau, (Golongan Anak Kacau). Zaman udah susah malah ditambah susah, makin galau makin risau, makin kesini makin kacau.
Galau itu adalah perasaan yang sedang resah atau sedih ketika memiliki suatu masalah namun sulit untuk menyelesaikannya hingga dia gelisah akan apa yang dilakukannya. Apalagi kalau galaunya karena putus cinta. Cinta ditolaklah, cintanya bertepuk sebelah tanganlah, cintanya sulit diungkapkanlah, bahkan putus cintapun mereka akan galau. Galau karena putus cinta adalah galau karena fikiran dan emosinya sedang tidak normal, dalam ilmu psikologi orang seperti ini, sedang menderita stres ringan, dan itu akan menyebabkan dirinya galau dan biasa disebut “Broken heart.” Galau karena masih memikirkan mantan kekasihnya yang masih dicintai sangat membuat dirinya terpaku pada sebuah kenangan yang sulit terlupakan, masa-masa indah bersamanya membuat diri seseorang tertekan akan segala yang ia kerjakan, dan itu akan sangat terganggu, dari mulai pekerjaan, sekolah, kuliah, bahkan dengan aktivitas sosial lainnya. Tapi terkadang pernah gak kalian melihat seseorang yang jomblo dan yang baru putus cinta dengan seorang kekasih yang paling dia sayangi, tapi dia tetap tersenyum seperti tanpa beban, padahal dia jomblo seperti memiliki pacar. Terkadang keceriaan dia membuat dirinya lupa akan apa yang ia rasakan di hatinya. Kenapa dia seperti itu, itu sebabnya karena dia memiliki tipsnya utnuk mengurangi dan menghilangkan rasa galau untuk dia move on kembali seperti orang yang biasa tanpa galau, apalagi karena mantan yang gak penting.
Sekarang kita mau coba bahas percakapan dari beberapa orang yang baru putus cinta, pasti jawabannya akan berbeda dari satu orang ke orang lain.
1. Pertanyaan : Pernah gak sih kamu merasa galau karena putus sama mantan kekasih yang kamu sayangi? Jawab : Pernah. Dan sampai sekarang saya masih galau dan masih mencintainya walau telah lama kita putus
2. Pertanyaan : Pernah gak sih kamu merasa galau karena putus sama mantan kekasih yang kamu sayangi? Jawab : Pernah sih, tapi sebentar. Karena aku orangnya cuek jadi masa bodo. Dan gak pentingkan memikirkan orang lain yang bukan hak kita untuk memikirkannya. Sedangkan dia tak pernah memikirkan kita yang selalu ingat dirinya.
3. Pertanyaan : Pernah gak sih kamu merasa galau karena putus sama mantan kekasih yang kamu sayangi? Jawab : Hampir setiap putus dengan kekasihku, aku selalu galau bahkan mencoba bunuh diri.
4. Pertanyaan : Pernah gak sih kamu merasa galau karena putus sama mantan kekasih yang kamu sayangi? Jawab : Pernah sih. Bahkan aku ngajak dia balikan sama aku, walau dia udah gak mau lagi.
5. Pertanyaan : Pernah gak sih kamu merasa galau karena putus sama mantan kekasih yang kamu sayangi? Jawab : Gak pernah sih, karena aku yang mutusin dia. Coba deh kalian fahami jawaban yang benar adalah jawaban nomor 2. Itupun memang sangat mudah didengar dan sulit dilakukan.
Beberapa pertanyaan penting yang harus kalian jawab sendiri dihati anda :
1. Apakah kamu sangat mencintai mantanmu melebihi cintamu kepada orang tuamu dan saudaramu?
2. Apakah kamu masih mencintai mantan kekasihmu walau sudah 2 tahun putus dengannya?
3. Apakah kamu masih mengharapkan kekasihmu balikan sama kamu, hingga kamu tak membuka hatimu untuk orang lain?
4. Apakah kamu masih menyimpan benda dari mantan kekasihmu di kamarmu?
5. Apakah kamu masih berteman di kontak bb bersamanya atau masih menyimpan nomor hapenya di hapemu?
6. Apa kamu masih ingin menemuinya atau ingin datang ke rumahnya? Kalau jawabannya tidak semua berarti kamu normal dan berhasil untuk untuk mendapatkan orang yang lebih baik dari mantan kamu untuk introspeksi diri. Jika jawabannya “iya” semua maka kamu tidak normal dalam fikiran dan hati dan masih dalam arti galau karena mantan dan sulit untuk move on kembali, belajarlkah dari pengalaman dimasa lalumu bukan belajar dimasa depanmu, masa depanmu belum tentu menjanjikan kebaikan kamu jika hari ini tidak kamu pergunakan sebaik-baiknya.
Cinta itu selalu ada disetiap hati manusia, ada yang negative da nada juga yang positif, tergantung manusianya sendiri dapat mempergunakannya dengan baik atau dengan semena-mena untuk tersia-siakan oleh orang yang salah atau orang yang benar. Move on dari mantan kekasih adalah menghentikan adanya sikap mengingat mantan kita yang telah berlalui dimasa lalu kita, maka sebab itu move on disebut juga bangkit dari hidup anda yang galau. Bukan bangkit dari alam kubur ya?
Kehidupan yang lebih rileks adalah kehidupan yang dapat memikirkan diri kita sendiri untuk selalu menjadi yang terbaik dan lebih memiliki semangat hidup yang lebih tajam untuk meramal masa depan kita.
Kata mutiara untuk kamu : 
1. Jadilah manusia yang berguna walau hanya sedikit, setidaknya dapat berlari untuk mencari manfaatnya
2. Sedih yang tak berujung adalah sedih yang menandakan cinta yang semakin diujung namun tersandung
3. Hidup bukan seperti daun kelor namun hidup seperti seceplok telur yang ketika digoreng bisa lebih besar yang kamu inginkan.
4. Hidup itu bermanfaat tapi manfaat hidup hanya kamu yang dapat merasakannya
5. Cinta itu pasti ada, namun keadaan cinta tetap hanya satu yang dirasa yaitu dihati kamu
6. Jika kamu masih disini menunggu, kapan cinta itu mau berlalu, jika kamu masih disini menangis kapan kamu mau move on kembali
7. Janganlah menjadi benalu untuk orang lain, tapi jadilah motivasi untuk semua orang
8. Hindari kata galau kalau kamu masih bisa move on, karena galau akan membuat hidupmu semakin kacau kalau hatimu masih terus bersamanya
9. Anggaplah masa lalu adalah mimpimu, namun anggaplah hari esok adalah masa depanmu
10. Cintai dirimu sebelum kamu mencintai orang lain, karena orang lain tak akan mencintaimu jika kamu tak mencintai dirimu apa adanya
11. Cintailah dirimu sebelum kamu mencintai orang lain, karena orang lain tak akan mencintaimu jika kamu masih mencintai dirinya
Semoga bermanfaaat ya, salam senyum selalu dari saya.  (Keep Smile by : Khodijah)